Penggunaan Literasi Media Untuk Mencegah Perilaku Merokok

FK-KMK UGM. Program Doktor Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, menggelar ujian terbuka disertasi Dr. Nurjanah, SKM. M.Kes. Dalam ujian tersebut, kandidat membawakan disertasi berjudul Literasi Media Sebagai Pencegahan Perilaku Merokok Pada Remaja di hadapan para penguji.

“Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya siswa laki-laki yang mulai merokok pertama kali sebelum berusia 13 tahun. Hal itu dikarenakan anak-anak terpapar iklan tembakau, promosi, dan sponsorship dari berbagai media”, paparnya saat menjalani ujian terbuka program Doktoral Ilmu Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM, Senin (21/3) yang digelar secara daring. Nurjanah juga menambahkan bahwa Iklan tembakau luar ruangan di Kota Semarang 45% lebih tinggi dalam jarak sekolah 100 meter daripada dalam jarak 100-300 meter. Sehingga, anak-anak yang tinggal di lingkungan yang terpapar pengaruh tembakau tinggi membutuhkan kompetensi literasi media.

Penelitian doktoral ini menggunakan metode campuran antara Kuantitatif dan Kualitatif  dengan mengembangkan Mile-PYS (Media Literasi For Preventing Young Smoker) lima tema: keren tanpa merokok, tidak ingin terjebak, kecanduan nikotin, sedikit juga berbahaya, vape, dan sayang ayah.

“Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Program Mile-PYS efektif untuk meningkatkan literasi media kompetensi dan mengurangi niat merokok pra-remaja dan dapat diperhitungkan untuk dimasukkan dalam program pencegahan merokok berbasis di masa depan”, tambah beliau.

Dr. Nurjanah, SKM. M.Kes merupakan Doktor ke 5.460 di Universitas Gadjah Mada.  Beliau memperoleh predikat sangat memuaskan/IPK 3,91 dengan promotor  dr. Retno Sutomo, Sp.A(K)., Ph.D. (Yuga Putri/Reporter)

Berita Terbaru