FK-KMK UGM, Membangun Kepercayaan dan Kolaborasi

FK-KMK UGM. Membangun kepercayaan dan memperkuat kolaborasi untuk kemajuan institusi menjadi semangat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM dalam penyelenggaraan Rapat Kinerja Tahun 2022. Hal tersebut ditegaskan Dekan FK-KMK UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K)., Kamis (6/1) yang digelar secara daring.

“Tahun 2022 merupakan tahun kedua bagi kita semua dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sarat akan banyaknya tantangan dan membuka ruang pembelajaran maupun peluang baru. Terima kasih atas banyaknya capaian inovatif di tahun 2021, yang mengukuhkan bahwa institusi kita mampu, dan dalam 5 tahun ke depan akan mengawal lebih banyak inovasi yang dihilirkan dan berdampak pada reputasi unggul,” ungkap Prof. Ova dalam sambutannya.

Prof. Ova juga menambahkan bahwa FK-KMK UGM menjadi lokomotif inovasi di Unviersitas, karena seluruh gerak inovasi mayoritas diarahkan ke sehat. “Covid-19 meyakinkan kita semua bahwa tanpa sehat, kita tidak bisa melakukan apa-apa, hidup perlu sehat,” tegasnya.

Tema RKT 2022 kali ini menurut Prof. Ova lebih menitikberatkan pada kata kunci kepercayaan (trust). “Kepercayaan merupakan bahan utama tumbuh kembang organisasi. Kepercayaan antar anggota organisasi akan memunculkan bagaimana komunikasi, tumbuh kembang organisasi, dan produktifitas bisa dihasilkan,” terangnya.

Dekan FK-KMK UGM juga memengapresiasi kerjasama lintas unit yang telah dilakukan di tahun 2021, sehingga mampu memperhalus sekat-sekat unit untuk mempermudah koordinasi demi kemajuan dan capaian institusi.

“Kerjasama transdisiplin merupakan keniscayaan di masa depan. Mari bersama kita memperbaiki komunikasi antar unit kerja, mencairkan sekat keilmuan dan ego organisasi yang kadang membelenggu ruang gerak kita. Selain itu, penguatan peran kepemimpinan akademik unit kerja sangat diperlukan,” tegas Prof. Ova.

Berkaitan dengan kerjasama, Prof. Ova mengapresiasi kerja rumah sakit mitra pendidikan FK-KMK UGM yang turut hadir dalam forum RKT 2022 ini. Dirinya tidak menafikkan bahwa banyak pekerjaan rumah yang masih harus dikerjakan melalui proses kerjasama secara harmoni di lapangan sehingga menghasilkan luaran institusi yang unggul baik di bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat. “Terima kasih atas kerjasama selama ini, semoga kita bisa lebih bersinergi di masa depan,” imbuhnya.

Senat Fakultas, Prof. dr. Tri Wibawa, Ph.D., Sp.MK(K), dalam sambutannya menengarai beberapa perhatian utama RKT 2022 ini. Pertama, munculnya isu tentang citra dan prestasi dari FK-KMK UGM yang perlu ditingkatkan terkait pemberitaan media massa tentang posisi FK-KMK UGM secara nasional maupun internasional.

Kedua, isu SDM, baik Dosen maupun Tenaga Kependidikan, mengenai peningkatan percepatan kenaikan jabatan dan pangkat, isu kesejahteraan dosen dan tendik maupun mahasiswa. Ketiga, proses administrasi yang diharapkan bisa mengikuti program kerja bukan sebaliknya.  “Tantangan ini memerlukan kerjasama yang baik dan partisipasi seluruh elemen civitas academica, untuk menjadikan FK-KMK UGM menjadi lebih baik,” tegasnya.

Untuk memperkuat pemahaman bersama mengenai kerjasama, RKT 2022 kali ini juga menghadirkan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni UGM, Dr. Paripurna P. Sugarda, SH., LLM., yang memaparkan materi mengenai “Membangun Kolaborasi dan Kemitraan untuk Kemajuan Bersama”.

Acara RKT 2022 ini juga dihadiri oleh Direktur dan Dewan Pengawas RSUP Dr. Sardjito, Direksi RS Pendidikan Mitra FK-KMK UGM, Senat, Ketua dan Sekretaris Departemen, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Ketua Laboratorium, maupun Ketua Pusat Kajian di lingkungan FK-KMK UGM. (Wiwin/IRO)

Berita Terbaru