Forum BreaK, Pentingnya Penelitian Kualitatif

FK-KMK UGM. Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggelar kegiatan perdana dengan nama BreaK “Bicara tentang Kualitatif” dengan mengangkat judul “Mengapa Kita Perlu Penelitian Kualitatif?”. Kegiatan yang berlangsung selama satu jam ini dihadiri sebagai narasumber dalam acara ini adalah Prof. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D atau biasa dikenal dengan panggilan Prof. Uut dan dimoderatori oleh Martina Sinta Kristanti, S.Kep., Ns., m.N., Ph.D., Jum’at (9/4) secara daring melalui platform Zoom dan kanal YouTube HPM FK UGM.

Menjawab dari judul yang diangkat, Prof. Uut menjelaskan dengan mengambil pernyataan dari Albert Einstein yakni not everything that can be counted counts, and not ecerything that counts can be counted.  “Tidak semuanya yang bisa dihitung itu kemudian memberikan hasil yang bermakna, tetapi juga tidak semua hal-hal yang penting itu bisa dihitung. Sehingga tidak semata-mata penelitian menggunakan pengukuran angka-angka itu menjadi penting atau bermakna” jelasnya.

Menurut Prof. Uut, terdapat alasan yang sangat setuju terkait perlunya penelitian kualitatif, mengutip dari sebuah paper di BMC Medical Education yang ditulis Ghirotto et al (2020) menyatakan bahwa. “penelitian kualitatif itu can really change you as a person yakni dari penelitian kualitatif. Kita belajar cara wawancara, cara mengamati, dengan hal itu kita bisa mendengarkan orang lebih baik,” ungkap Prof Uut.

“Harapannya dalam forum BreaK setiap minggu ini, kita semua dapat mengupdate dan memperbarui topik penelitian kualitatif dengan berbagai macam dinamikanya,” pungkas moderator saat mengakhiri sesi. (Arif AR/Reporter)

Berita Terbaru