Mahasiswa Gizi Kesehatan FK-KMK Raih Juara National Nutrition Contest (NNC) 2020

FK-KMK UGM. Mahasiswa Program Studi S-1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM berhasil meraih juara 1 lomba poster dan juara 2 lomba esai tingkat nasional pada ajang National Nutrition Contest (NNC) 2020 di Universitas Negeri Semarang. NNC 2020 yang mengusung tema “Optimalisasi Pangan Lokal Sebagai Pangan Fungsional untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa New Normal” ini digelar pada September 2020 lalu secara daring.

NNC 2020 kali ini diikuti oleh mahasiswa Program Studi Gizi dari berbagai universitas se-Indonesia, diantaranya Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Poltekkes Kemenkes Semarang, dan universitas lainnya. Terdapat 3 cabang perlombaan, diantaranya yaitu Poster, Cipta Resep, dan Esai.

Tim mahasiswa FK-KMK UGM yang terdiri dari Ajeng Saskia S dan Shafira Husna M berhasil meraih juara 1 lomba poster dengan mengusung judul ‘KUSAL: KUlit SAlak Fungsional’. “Persiapan yang kami lakukan adalah dengan meminta saran kepada dosen pembimbing kami, Ibu Setyo Utami Wisnusanti, S.Gz., M.P.H. mengenai konten dan referensi yang akan disusun. Masukan dari beliau dapat menambah wawasan kami untuk bisa mengembangkan poster yang kami buat menjadi lebih baik. Kemudian mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk mendukung konten kami yang berkaitan dengan tema lomba tersebut. Kami memutuskan untuk memilih kulit salak yang dirasa lebih cocok dan tentunya dengan referensi yang cukup”, jelas Ajeng saat ditanya persiapan untuk NNC 2020.

Kemenangan yang diraih saat ini ternyata juga menemui beberapa tantangan-tantangan dalam proses persiapan, diantaranya perlombaan poster ini merupakan pengalaman pertama bagi mereka sehingga merasa masih memerlukan banyak bimbingan. “Kami juga belum mengetahui sebenarnya kriteria poster yang baik itu seperti apa. Namun, kami tetap mempunyai keinginan untuk bisa menjadi juara agar bisa membanggakan orang tua dan juga UGM”, ungkap Ajeng. Selain itu, tantangan lain yang dihadapi adalah kendala komunikasi. Masa pandemi COVID-19 membuat tim tidak bisa sering bertemu untuk membahas dan mengerjakan poster, sehingga komunikasi dilakukan secara daring.

Tak hanya itu, tim mahasiswa FK-KMK UGM yang terdiri dari Nurmalita P dan Fatin Anfusina juga berhasil meraih juara 2 lomba essay dalam NNC 2020. Esai dengan judul ‘Modifikasi Cookies Tinggi Antioksidan Berbahan Dasar Pangan Lokal Peningkat Imunitas Bayi dan Balita’ berhasil membawa kemenangan untuk tim ini. “Berdasarkan tema NNC 2020, kami memilih sub tema bayi dan balita karena kelompok ini menjadi salah satu kelompok yang masih kurang mendapatkan perhatian lebih dalam selama wabah COVID-19 ini. Dalam penyusunan karya esai tersebut, saya dan nurmalita selaku ketua tim dibantu oleh Ibu Aviria Ermamilia, M.Gz, RD sebagai dosen pembimbing. Kami merasa sangat bersyukur dan senang karena Bu Avi telah berkenan membantu kami dengan memberikan berbagai saran hingga kami memperoleh juara 2 dalam perlombaan ini”, cerita Fatin saat dihubungi secara terpisah.

Ajeng mengungkapkan harapannya semoga tidak hanya berhenti sampai disini saja dan semoga pengalaman ini dapat menjadi langkah awal untuk terus berkarya. “Semoga kami dapat terus berkarya dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar tentunya masih dalam bidang gizi dan kesehatan”, tambah Fatin.  (Vania Elysia/ Reporter; Foto: dok.pribadi)

“Jangan pernah takut untuk mencoba sesuatu yang baru karena keberhasilan dan kesuksesan selalu menanti bagi kita yang mau berusaha dan selalu semangat.

Berita Terbaru