FK-KMK Menggelar Doa Bersama Kagamadok

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggelar doa besama Keluarga Alumni Gadjah Mada Kedokteran (KAGAMADOK), Minggu (20/9) secara daring. Kegiatan doa bersama ini merupakan wujud kebersamaan keluarga besar alumni kedokteran untuk memanjatkan doa bagi alumni yang telah wafat baik selama pandemi Covid-19, maupun karena terinfeksi, sakit ataupun karena penyebab lain.

“Malam hari ini bersatu dalam doa bersama FK-KMKUGM untuk alumni dan almamater. Atas nama alumni FK-KMK UGM Saya mengucapkan terima kasih terlebih kepada Dekan dan seluruh jajaran sivitas akademika, yang telah memfasilitasi doa bersama hari ini. Kita harus bisa melanjutkan cita-cita almarhum dan almarhumah untuk mewujudkan darma bakti pada senior yang telah mendahului kita, dalam persatuan dan kebersamaan alumni FK-KMK UGM”, papar Ketua KAGAMADOK, dr. Hasto Wardoyo, SpOG(K) saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan ini, Dekan FK-KMK UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K) mengungkapkan bahwa pandemi menjadi salah satu cara untuk membawa umat manusia pada situasi yang tidak terduga. Termasuk banyak di antaranya yang meninggal dunia, yang terinfeksi, maupun yang saat ini tetap sehat untuk melanjutkan segala tanggung jawab yang ada.

“Kejadian yang kita alami saat ini bisa menjadi sebuah ujian, teguran dari sang pencipta, bahkan merupakan isyarat apakah kita sudah menjadi pribadi yang takabur. Setidaknya, pandemi ini membawa kita untuk menerapkan perilaku hidup yang seharusnya kita lakukan. Melalui peristiwa ini, kita berusaha untuk merekatkan kembali rasa persatuan dan kesatuan serta kemanusiaan demi kemaslahatan bersama,” paparnya.

Selaras dengan apa yang dipaparkan dr. Hasto dan Prof. Ova, Direktur RSUP Dr. Sardjito, dr. Rukmono Siswishanto, M.Kes., SpOG(K) juga mengungkapkan bahwa ada empat hal yang harus dilakukan saat menghadapi situasi sulit, yakni bersyukur, memperbanyak doa, berusaha sekuat tenaga, dan berserah kepada Allah SWT. “Yang terpenting saat kita terpuruk adalah kita harus bisa bangkit kembali,” tegasnya.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini juga dihadiri oleh keluarga besar Alumni KAGAMADOK, dan diisi dengan pengajian serta doa bersama yang dipandu oleh dr. Agus Taufiqurrahman, SpS. (Wiwin/IRO).

 

https://www.youtube.com/watch?v=qtVGWoga7Mc

Berita Terbaru