Unit Alumni FK-KMK UGM Kembali Menyelenggarakan Alumni Berbagi

Alumni Berbagi Seri #1: Memilih Jenjang Studi PPDS Bedah Saraf, PPDS Urologi, dan PPDS Ortopedi Traumatologi

FK-KMK UGM. Unit Alumni FK-KMK UGM kembali menyelenggarakan Alumni Berbagi Seri#1 dengan mendatangkan pembicara dan moderator yang keren-keren. Pada kali ini, acara Alumni Berbagi diselenggarakan secara virtual melalui Zoom dan YouTube live streaming. Terlaksana pada Minggu (21/06) sore acara ini mampu memikat antusias peserta. Acara yang dimoderatori oleh dr. Agung Widianto, Sp.B-KBD mampu menarik perhatian 209 peserta yang berlangsung dari pukul 15.00-17.15 WIB.

Ketiga pembicara yang merupakan residen FK-KMK UGM memberikan pemaparan informasi seputar PPDS di FK-KMK UGM secara jelas. dr. Dian Prasetyo Wibisono MSc yang merupakan pembicara dari PPDS Bedah Saraf memberikan pemaparan secara detail segala informasi mengenai PPDS Bedah Saraf di FK-KMK UGM. Dalam presentasinya beliau mengatakan bahwa ”Sebaran dokter spesialis bedah saraf di Indonesia masih belum merata yangmana hingga tahun 2020 ini kurang lebih baru ada 300 dokter spesialis bedah saraf di Indonesia dan kebanyakan masih berada di Pulau Jawad an Sumatera.”

Selanjutnya pembicara dari PPDS Urologi yang diwakili oleh dr. Bagus Gilang Samudra juga mampu memikat antusisas peserta yang tinggi dengan banyaknya peserta yang bertanya seputar PPDS Urologi. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa ”Hingga akhir tahun 2019 baru ada sekitar 500 dokter spesialis urologi di Indonesia dan di Urologi UGM baru ada 31 orang alumni, 34 peserta didik aktif, serta 3-5 orang PPDS baru/ semester.

Di akhir sesi yang tak kalah menarik yaitu pemaparan materi dari PPDS Ortopedi dan Traumatologi FK-KMK UGM yang disampaiakn oleh dr. Aristida Cahyono. Dokter Ido memaparkan semua informasi seputar PPDS Ortopedi Traumatologi FK-KMK UGM termasuk Sejarah PPDS Ortopedi Traumatologi FK-KMUGM, persiapan memasuki PPDS Ortopedi Traumatologi FK-KMK UGM, tahapan seleksi, proses kegiatan pembelajaran, Finansial, serta kegiatan di luar akademik.

Acara diakhiri dengan diskusi tanya jawab yang berlangsung seru dengan dipimpin oleh moderator yaitu dr. Agung Widianto, Sp.B-KBD hingga puku 17.15 WIB. Sebelum acara ditutup, Dokter Agung menyampaikan pesan bahwa dimanapun Anda akan melanjutkan studi, ada tiga hal yang harus dijadikan pegangan yaitu Skill, Knowledge, and Attitude yangmana ketiga hal tersebut harus seimbang dan tidak boleh ada yang kurang satupun. (Unit Alumni/ Nurha).

Materi Pembicara dapat didownload disini.

Berita Terbaru