Mahasiswa FK-KMK UGM Belajar Digitalisasi Pelayanan Kesehatan

FK-KMK UGM. Mahasiswa program magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM mengikuti kuliah pakar bidang Health and Social Sector FOM University Hamburg, Dr. Jen Geissler, Rabu (20/2) di gedung Tahir lantai 2. Kuliah yang diselenggarakan oleh Departemen Manajemen dan Kebijakan Kesehatan FK-KMK UGM ini mengusung tema mengenai: “Digitalization, Automation and Artificial Intelligence in The German Health Insurance Sector”.

Jen Geissler dalam paparannya berkisah mengenai perjalanan Jerman dalam merintis digitalisasi di sektor pelayanan kesehatan. Menurutnya, teknologi memiliki andil dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan utamanya di Indonesia yang menerapkan sistem layanan kesehatan secara berjenjang, di era-BPJS sekarang.

“Suatu ketika seorang pasien salah diagnosis, kemudian dirujuk ke layanan fasilitas kesehatan (faskes) sekunder namun dokter tetap memutuskan diagnosis yang sama hingga berulang sampai ke pelayanan faskes tertinggi. Hal ini bisa diantisipasi dengan adanya teknologi rekam medis elektronik yang terintegrasi,” papar Dr. Geissler.

Firdaus Hafidz, MPH., Ph.D., AAK selalu penanggung jawab kegiatan berharap dengan adanya guest lecture ini akan memantik mahasiswa untuk turut serta melakukan riset dalam rangka pengembangan teknologi informasi kesehatan yang lebih berkemajuan. Harapan selanjutnya ditujukan kepada pengampu kebijakan supaya menjadi bahan pertimbangan dalam menyelesaikan masalah-masalah berkaitan dengan sektor kesehatan yang dihadapi saat ini. (Alfi/Reporter)

Berita Terbaru