Mahasiswa Mengeksplorasi Irisan Ketahanan Pangan dan Status Kesehatan

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) berkolaborasi dengan Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknologi Pertanian UGM melaksanakan Summer Course 2024 dengan tema “Nourishing Futures: Exploring the Intersection of Food Security and Health Status”. Pada Rabu (18/6), Pembukaan Summer Course 2024 telah dilaksanakan di Auditorium Lantai 1 FK-KMK UGM.

Ketahanan pangan dan status kesehatan merupakan dua dimensi yang saling terkait dalam kesejahteraan manusia, membentuk hubungan kompleks yang mempengaruhi kesehatan masyarakat global. Wacana akademis tentang persimpangan ini semakin menonjol karena keterkaitan antara akses terhadap makanan yang cukup, aman, dan bergizi dengan kesehatan populasi menjadi semakin jelas. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), sekitar 690 juta orang di seluruh dunia menderita kelaparan pada tahun 2019, menekankan tantangan yang terus ada dalam mencapai ketahanan pangan global. Malnutrisi, aspek kritis dari ketahanan pangan yang buruk, berkontribusi pada beban penyakit yang sangat besar.

Mengatasi ketahanan pangan dan kesehatan memerlukan pendekatan komprehensif dan interdisipliner. Kebijakan harus memastikan ketersediaan pangan dan kualitas nutrisinya. Pertanian berkelanjutan dan pendidikan kesehatan sangat penting untuk pilihan makanan sehat dan kesejahteraan. Upaya terpadu ini mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) terkait nol kelaparan dan kesehatan yang baik. Untuk itu, Summer Course 2024 dilaksanakan untuk mengeksplorasi ketahanan pangan dan kesehatan untuk mendukung inovasi layanan kesehatan terpadu.

Ketua Pelaksana Summer Course 2024, Tony Arjuna, S.Gz., M.Nut.Diet., AN., APD., Ph.D. menyapa dan menjelaskan target pelaksanaan Summer Course 2024, “Kami berharap Summer Course 2024 ini menjadi salah satu pengalaman yang berkesan bagi semua peserta. Saya sangat berharap bahwa Summer Course 2024 ini akan membuat para peserta saling terhubung dan berkolaborasi bersama. Ini merupakan langkah awal terbentuknya generasi ilmuwan masa depan, tenaga medis masa depan, peneliti masa depan, insinyur masa depan, dan teknolog pangan masa depan, yang mampu mengolah isu ketahanan pangan dan kesehatan secara profesional. Ketahanan pangan adalah isu serius dan saat ini menjadi prioritas global. Semoga melalui Summer Course 2024, peserta bisa memahami bahwa untuk menyelesaikan masalah ini, kita harus bekerja sama dengan latar belakang pengetahuan yang berbeda, disiplin yang berbeda, dan cara yang berbeda untuk menyelesaikan ketahanan pangan dan kualitas kesehatan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Nikmati kursus. Enjoy the Course!.”

Dekan FK-KMK UGM, Prof. dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH mengutip perkataan Albert Einsten, “Pendidikan bukanlah mempelajari fakta, melainkan melatih pikiran untuk berpikir. Sejalan dengan itu, diharapkan Summer Course 2024 ini tidak hanya memperluas pengetahuan peserta tetapi juga kemampuan mereka untuk berpikir kritis dan bekerja secara kolaboratif dalam menyelesaikan tantangan global terkait ketahanan pangan dan status kesehatan. Dua pilar kesejahteraan manusia yang saling terhubung dan saling memperkuat satu sama lain. Memastikan makanan yang aman, bergizi, dan terjangkau sejalan dengan misi global untuk meningkatkan hasil kesehatan dan mempromosikan kesejahteraan. Summer Course 2024 ini merupakan upaya kami untuk menyediakan platform diskusi yang berkualitas antara mahasiswa dan pakar dari berbagai latar belakang dan berbagai negara,” Ungkap Prof. Yodi

Fakultas Farmasi diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama, dan Alumni, Dr.rer.nat. apt. Nanang Fakhrudin, M.Si. Dirinya mengatakan bahwa, “Kami berharap Summer Course 2024 membawa pengalaman baru bagi para peserta dimana kita dapat belajar dan berdiskusi tentang bagaimana cara mengatasi masalah global terkait kesehatan, pangan, dan pertanian beserta dengan solusi atau pendekatan untuk menyelesaikannya. Saya percaya bahwa acara ini akan sukses dan memberikan banyak manfaat bagi kita semua.”

Selanjutnya, drg. Iffah Mardhiyah, M.Biomed., hadir sebagai perwakilan dari Fakultas Kedokteran Gigi. “Kami tahu bahwa ketahanan pangan adalah hal penting untuk dibahas demi kesejahteraan masyarakat kita. Semoga dengan terlaksananya Summer Course 2024 ini kita dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman tambahan yang dapat diterapkan dalam memberdayakan masyarakat kita,” ungkapnya.

Kick-off Summer Course 2024 juga dihadiri perwakilan 3 kolaborator baru, yakni Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknologi Pertanian. Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Endrika Widyastuti SPt., M.Sc., MP., PhD, menyapa para peserta dan tamu undangan dengan harapannya terkait pelaksanaan Summer Course 2024. “Kami senang melihat banyak wajah antusias di sini yang siap memulai perjalanan belajar dan eksplorasi salah satu isu paling mendesak, yaitu ketahanan pangan dan hubungannya dengan status kesehatan. Betapa saling terkaitnya sistem global kita. Ketahanan pangan bukan hanya tentang memiliki cukup makanan tetapi juga memastikan semua orang memiliki akses yang sama terhadap makanan bergizi dan cukup untuk menjalani kehidupan yang sehat dan aktif,” ungkapnya.

Terakhir, Ir. R. Ahmad Romadhoni Surya Putra., S.Pt., M.Sc., Ph.D.,. IPM., ASEAN Eng, hadir sebagai perwakilan dari Fakultas Peternakan menyampaikan, “Program Summer Course 2024 adalah kesempatan besar untuk mempelajari ilmu peternakan dalam berbagai subjek. Proses produksi produk pangan berbasis hewan, dan proses proses yang mengikutinya. Kami berharap melalui Summer Course 2024 ini kita dapat memperluas hubungan, kolaborasi penelitian, dan juga mempromosikan isu paling penting dalam kehidupan manusia dan status kesehatan, yaitu pangan.”

Kegiatan Summer Course 2024 diikuti oleh total 133 peserta terdiri dari peserta offline sebanyak 49 peserta dalam negeri dan 22 peserta internasional, serta peserta online sebanyak 52 peserta internasional. Rangkaian kegiatan berlangsung sampai dengan tanggal 28 Juni 2024.

FK-KMK rutin menyelenggarakan kegiatan Summer Course setiap tahunnya, sebagai upaya untuk memberikan edukasi secara berkelanjutan kepada mahasiswa UGM maupun non UGM. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDG’s poin 2 Tanpa Kelaparan, poin 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Poin 4 Pendidikan Berkualitas, poin 9 Industri, Inovasi dan Infrastruktur, poin 12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, dan poin 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Assyifa/Reporter)

Berita Terbaru