Pendidikan

Program Sarjana

Kedokteran

Menjadi Program Studi Kedokteran nasional berstandar global yang inovatif dan unggul, serta mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional dan berintegritas dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Program Internasional

Program Internasional

Selengkapnya

Keperawatan

Menjadi Program Studi Ilmu Keperawatan yang berstandar internasional, inovatif, unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila

Program RPL

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau

Program RPL

Program Rekognisi Pembelajaran Lampau
Info RPL

Gizi Kesehatan

Program Studi Gizi Kesehatan (PSGK) mendesain kegiatan pendidikannya mengikuti filosofi pendidikan konstruktivisme yaitu sebuah filosofi yang berfokus pada mahasiswa yang menekankan pentingnya siswa aktif dalam belajar. PSGK menerapkan SCL (Student Centered Leaning) sebagai metode pengajaran. 

Program Pascasarjana

Program Doktor

Ilmu Kedokteran dan Kesehatan

Program Spesialisasi

Program Pendidikan Dokter Spesialis

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana, profesi atau memiliki pengalaman praktek professional atau manajerial  Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyakarat dan Keperawatan(FK-KMK) UGM menawarkan beberapa program magister:

  1. Magister Ilmu Biomedik
  2. Magister Ilmu Kedokteran Tropis
  3. Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan
  4. Magister Ilmu Kedokteran Klinis
  5. Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
  6. Magister Keperawatan
  7. Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan

Program Doktor didedikasikan bagi mahasiswa yang berkarier di bidang pendidikan, penelitian atau telah memiliki pengalaman praktek profesional yang memadai di bidangnya. Program ini membutuhkan komitmen waktu yang tinggi. Program ini menawarkan 6 bidang keilmuan:

  • Biomedik
  • Kedokteran klinis
  • Kesehatan masyarakat
  • Keperawatan
  • Pendidikan kedokteran dan kesehatan
  • Gizi Kesehatan

Bidang Biomedik serta pendidikan kedokteran mempunyai orientasi riset akademik, sehingga dapat diharapkan menghasilkan banyak publikasi internasional. Sedangkan untuk bidang pendidikan klinis (yang sebagian besar diikuti oleh para spesialis atau spesialis konsultan) serta bidang Kesehatan Masyarakat (dengan peserta para manajer kesehatan di Kementrian/Dinas Kesehatan, manajer rumah sakit dan lainnya) dapat dikelompokkan menjadi akademik dan yang lebih profesional.

Bagi profesi dokter yang akan memperdalam kompetensi profesional klinis di bidang tertentu, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyakarat dan Keperawatan(FK-KMK) UGM menyelenggarakan 20 program spesialisasi. Pola pendidikan mengikuti pola “nyantrik” bekerja di rumah sakit untuk membutuhkan pengalaman klinis tertentu yang harus dipenuhi dalam periode waktu tertentu:

 Ilmu Kesehatan AnakIlmu Bedah
Ilmu Penyakit DalamOrthopaedi dan Traumatologi
Obstetri dan GinekologiBedah Anak
Ilmu Kedokteran Forensik dan Mediko LegalBedah Syaraf
Ilmu Kesehatan Kulit dan KelaminAnestesi dan reanimasi
Ilmu Kedokteran JiwaIlmu Kesehatan Penyakit Mata
RadiologiIlmu Penyakit Saraf/Nerologi
Ilmu Kesehatan THT-KLPatologi Anatomi
Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh DarahPatologi Klinik
Mikrobiologi KlinikUrologi

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan  menawarkan program Combined Degree bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengkombinasikan program pendidikan di suatu bidang dengan bidang lainnya. Dokter yang menempuh program pendidikan Spesialisasi (PPDS), selama pendidikannya dapat mengambil program S2 Ilmu Kedokteran Klinis (MS) yang mampu bersaing dalam memanfaatkan informasi ilmu dan teknologi kesehatan dan kedokteran berbasis bukti terkini dalam pengambilan keputusan klinis dan upaya meningkatkan layanan profesi. Program yang tersedia adalah:

  • Program PPDS dan S2 Ilmu Kedokteran Klinis (Program MS-PPDS)
  • Program PPDS Bedah dan S2 Ilmu Kedokteran Klinik minat utama Epidemiologi dan Biostatistik
  • Program Profesi Dokter dan program magister (dalam inisiasi)

 

WHO TDR

TDR Postgraduate Scholarship in Implementation Research

Program Lain

CHFC-IPE

Community and Family Health Care Interprofessional Education (CFHC-IPE) adalah kegiatan longitudinal berbasis komunitas yang menjadi salah satu produk inovasi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan(FK-KMK) UGM. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa S1 di Fakultas Kedokteran yang meliputi program studi pendidikan dokter, ilmu keperawatan dan gizi kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan melatih mahasiswa untuk berkolaborsi antar profesi dalam kegiatan pendampingan keluarga. Adapun pelaksanaanya adalah sejak mahasiswa semester pertama hingga semester tujuh.

Internationalization

Internationalization

Incoming Elective, Outgoing Exchange, Summer/Winter Course
X