Center for Indonesian Medical Students' Activities (CIMSA)

Organisasi Mahasiswa

CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities) adalah organisasi mahasiswa kedokteran Indonesia yang bersifat independen, nasionalis, inklusif, non-politik, non-partisan, dan berbasis aktivitas. Sejak tahun 2002, CIMSA berafiliasi dengan IFMSA (International Federation of Medical Students’ Associations) dan saat ini, CIMSA telah tersebar pada 27 universitas di Indonesia, termasuk di Universitas Gadjah Mada.

CIMSA telah melaksanakan ratusan aktivitas dalam bentuk pengembangan komunitas, kampanye edukasi, acara pelatihan, dan banyak kegiatan lainnya. Dalam aktivitas tersebut, kami selalu berupaya untuk membantu mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 (SDGs 2030), khususnya SDG nomor 3,4,5, dan 13, tentang kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, serta usaha penanganan perubahan iklim.

CIMSA memiliki 6 divisi yang disebut dengan Standing Committees. Setiap Standing Committees memiliki fokus area masing-masing, yaitu dalam bidang hak asasi manusia dan perdamaian dunia, isu-isu pendidikan kedokteran, kesehatan masyarakat, kesehatan seksual dan reproduksi termasuk HIV/AIDS, pertukaran mahasiswa kedokteran kepaniteraan klinik, dan penelitian di luar negeri. Keenam Standing Committees dan fokus area tersebut yang membuat ranah kerja CIMSA menjadi lebih luas dan beragam demi mencapai visi dan misi CIMSA, yaitu empowering medical students and improving nation’s health.

X