Berbagi di Medical Charity Night 2021

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK UGM) bekerjasama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada Kedokteran/KAGAMADOK, RSUP Dr. Sardjito dan RS Akademik UGM menggelar kegiatan Medical Charity Night 2021.

Kegiatan ini merupakan puncak acara MERIDIAN 2021 yang dikemas dalam bentuk talkshow dan konser amal online dari berbagai alumni FK-KMK UGM. Acara tersebut merupakan wadah bagi para-alumni dan civitas akademika FK-KMK UGM dan KAGAMA FK-KMK UGM untuk saling berbagi ilmu dan kepedulian terhadap sesama.

Tahun ini MERIDIAN 2021 mengambil tema kembali ke Gadjah Mada sebagai salah satunya bertujuan untuk menggalang donasi yang nantinya akan disalurkan kepada para tenaga medis dan pihak-pihak yang terdampak pandemi covid-19. Penyaluran donasi dilakukan melalui Kanal Sobat FK-KMK UGM bekerjasama dengan SONJO atau sambatan jogja dan cofight serta berbagai alumni FK-KMK UGM.

‘’Meridian merupakan acara tahunan yang selalu ditunggu tunggu oleh banyak pihak karena tidak hanya sebagai ajang bagi alumni untuk kembali ke UGM, namun menjadi wadah bagi kita semuanya termasuk masyarakat umum untuk belajar dari kisah dan pengalaman narasumber yang diundang dan sekaligus dapat berdonasi pada tenaga medis.”, ungkap Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., SpOG(K)., Ph.D., dalam sambutannya.

Dekan FK-KMK UGM itu juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan penampil dan berharap semoga ilmu yang disampaikan serta penampilan kreatif yang dipaparkan akan menambah kemampuan bagi masyarakat untuk terus merawat harmoni dan kreatifitas keluarga besar FK-KMK UGM hingga berdampak bagi masyarakat Indonesia.

Acara tersebut juga dibuka oleh Wakil Menteri kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D yang memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para tenaga kesehatan, tidak hanya di bangsal pelayanan tetapi juga kepada tenaga penunjang lainnya, seperti pemulang sarang jenazah, penggali kubur, supir ambulance, petugas farmasi, petugas surveillance, serta petugas lainnya. Beliau mengajak seluruh peserta meridian untuk senantiasa memberi dukungan dalam bentuk donasi untuk menunjang kegiatan para nakes.

 

“Semoga kegiatan ini memberikan motivasi kepada seluruh tenaga kesehatan dan selamat hari kesehatan nasional ke-57, sehat negeriku tumbuh Indonesiaku.”, harapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan suguhan penampilan dari bintang tamu seperti amniotic band, shintaartdance, dan pathplaylist. Dengan kemudian diikuti oleh talkshow yang dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo S.H,. M.IP.

Beliau mengatakan bahwa acara ini bukan hanya sekedar pengumpulan donasi semata namun upaya untuk memperkuat tali kemanusian.

Talkshow pertama mengenai pengalaman manajemen shelter tangguh, surge capacity, dan vaksinasi massal dalam mitigasi risiko terjadinya gelombang 3 covid-19 yang dipaparkan oleh Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Sutono, S.kp., M.Sc., M.Kep, dr. Sri Aminah MPH. Sp.A, dr. Jagaddhitod, Letkol CKM(K) dr. Virni Sagita, MARS, serta dr. Muslim Kasim, M.Sc., Sp.THT-KL dan dr. Riris Andono Ahmad, MD, MPH., Ph.D sebagai moderator.

Acara ditutup dengan sesi talkshow terakhir mengenai Kiprah alumni Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM di panggung dunia oleh beberapa alumni. (Yuga/Reporter)

X