Workshop Pelatihan Teknis Biobank Infeksi di FK-KMK UGM

FK-KMK UGM. Biobank, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, bekerja sama dengan Departemen Mikrobiologi, telah mengorganisasi Workshop Pelatihan Teknis mengenai pembentukan Biobank Infeksi pada 29 Februari – 1 Maret 2024. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang biobank dengan mengacu pada Best Practices ISO 20387 dan ISBER. Workshop ini memberikan pengetahuan dan keterampilan penting dalam pengelolaan biobank sesuai standar internasional serta menyatukan pemikiran mengenai biobank untuk penyakit infeksi.

Saat ini, biobank untuk penyakit infeksi masih kurang berkembang dibandingkan dengan bidang lain seperti onkologi atau penyakit metabolik. Biobank FK-KMK UGM yang mengelola beragam biosampel untuk penelitian biomedis memiliki peran krusial dalam menyediakan data untuk diagnostik dan penelitian jangka panjang. Kegiatan workshop ini dihadiri oleh dokter spesialis mikrobiologi klinik dan teknisi laboratorium dari Academic Health System (AHS).

Hari pertama workshop mencakup paparan dan diskusi tentang konsep biobank, best practices spesimen dan data serta biosecurity dan biosafety. Hari kedua melanjutkan dengan materi mengenai etik dan informed consent serta pengelolaan sampel klinis di Biobank dan Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM. Seluruh peserta menunjukkan antusiasme tinggi selama workshop dan diharapkan pengetahuan yang diperoleh dapat memberikan manfaat besar dalam pengembangan biobank untuk penyakit infeksi. Kegiatan ini sejalan dengan Sustainable Development goals (SGDs) nomor 3 kehidupan sehat dan sejahtera, nomor 4 pendidikan berkualitas dan nomor 17 kemitraan untuk mencapai tujuan. (Kontributor: F. Linda Tri P/Editor: Guntari)

Berita Terbaru