Pemeriksaan Posbindu dan Kebugaran Khusus untuk Tim CS dan PK4L FK-KMK UGM Sesi 1

FK-KMK UGM. Sebagai bagian dari lingkungan kerja, Cleaning Service (CS) dan Pusat Keamanan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (PK4L) memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan dan keselamatan di lingkungan FK-KMK UGM. Untuk itu, tim Health Promotion University (HPU) FK-KMK UGM melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan kebugaran khusus bagi mereka. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, yang berdampak langsung pada kualitas pelayanan dan produktivitas kerja. Melalui pemeriksaan ini, diharapkan dapat membantu para anggota tim CS dan PK4L dalam menjaga kesehatan dan kebugaran fisik masing-masing.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Selasa dan Rabu, 27 – 28 Februari 2024 di Klinik SEHATI, pada pukul 08.30 – 09.30 WIB. Pemeriksaan Posbindu akan menilai parameter kesehatan dasar seperti tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat. Selain itu, pengukuran kebugaran fisik akan dilakukan dengan metode Six Minute Walk-Test. Kedua metode ini dipilih karena dapat memberikan informasi yang berguna untuk mengidentifikasi potensi masalah kesehatan dan kebugaran yang mungkin dialami oleh anggota tim CS dan PK4L.

Kegiatan ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya SDG nomor 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera serta SDG nomor 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Melalui deteksi dini dan upaya pencegahan penyakit tidak menular serta peningkatan kebugaran fisik, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan seluruh anggota tim CS dan PK4L FK-KMK UGM. Hal ini, pada gilirannya, akan berdampak positif pada produktivitas kerja mereka, mendukung terciptanya lingkungan kerja yang lebih sehat, aman, dan efisien. (penulis: Dea Wahyu Lestyarini)

Berita Terbaru