FK-KMK UGM Melaksanakan Posbindu dan Edukasi Kesehatan Reproduksi

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan pada Jumat (28/06) di dua tempat yang berbeda. Untuk dosen serta staf pengajar, lokasinya di Gedung Genose Centre. Adapun untuk mahasiswa di Klinik Sehati, Gedung Pascasarjana Tahir Foundation lantai 2 Sayap Utara.

Selain layanan pemeriksaan kesehatan, agenda Posbindu di Gedung Genose Centre juga diadakan Gelar Wicara dengan tema “Mengenal Kesehatan Reproduksi dan Mencegah Masalahnya” yang disampaikan oleh Elsi Dwi Hapsari, S.KP., MS., DS. Konsep gelar wicara santai, para tenaga kependidikan dan dosen diajak berdiskusi sembari menunggu antrean pemeriksaan.

Elsi Dwi Hapsari merupakan Pokja Kesehatan Reproduksi di Universitas. Beliau memaparkan berbagai program terkait kesehatan reproduksi. Pokja kesehatan reproduksi bertugas untuk memberikan edukasi ke sivitas akademika. “Kalau wanita keluhannya lebih banyak pada gangguan menstruasi, sementara untuk laki-laki, keluhan yang paling sering didapatkan adalah pembesaran prostat.”

Pada kesempatan ini, Elsi Dwi Hapsari juga menyampaikan bahwa Pokja Kesehatan Reproduksi membuat buku saku yang berisikan tentang mengenal organ reproduksi dan bagaimana bagaimana menjaganya. Kesehatan reproduksi tidak hanya sehat fisik, bebas dari penyakit, ataupun kecacatan. Namun, kesehatan reproduksi juga harus sehat secara psikologis serta sosialnya. Menjaga kesehatan reproduksi menjadi penting karena berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia dengan menghasilkan generasi yang berkualitas, serta dapat menghindari permasalahan kesehatan reproduksi.

Posbindu kali ini tidak hanya untuk tenaga kependidikan dan dosen saja. Mahasiswa pun mendapatkan layanan pemeriksaan kesehatan di Klinik Sehati. Hal ini diharapkan agar mahasiswa lebih peduli dengan kesehatan, terlebih dalam menjaga pola hidup sehat. Pelaksanaan Posbindu “Sehati” ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Develompent Goals (SDGs), khususnya SDGs 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

FK-KMK UGM secara rutin melaksanakan kegiatan Posbindu “Sehati”. Seluruh sivitas akademika dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokja Health Promotion University FK-KMK UGM merupakan bentuk komitmen FK-KMK UGM dalam memberikan pelayanan kesehatan di lingkungan FK-KMK UGM. Selain pemeriksaan kesehatan, Posbindu juga menyediakan layanan konsultasi kesehatan secara gratis. (Humas/Sitam).

Berita Terbaru