Mahasiswa Ikuti Symposium dan Workshop Paediatric Airway

FK-KMK UGM. Departemen Ilmu Kesehatan THT-KL, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK UGM) kembali menggelar symposium dan workshop bertemakan paediatric airway, Kamis (28/02). Bertempat di ruang kuliah lantai 1 Gedung Radiopoetro, acara dimulai tepat jam 08.00 WIB dan dihadiri oleh puluhan peserta dari kalangan klinisi medis baik dokter spesialis maupun residen.

Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa narasumber ahli di bidangnya, bahkan tiga diantaranya didatangkan langsung dari National University Hospital, Singapore. Ketiga narasumber tersebut ialah Asc. Prof. dr. Loh.Woei Shyang, Dr. Mahesh Babu Ramamurthi dan Dr. Christopher King yang masing-masing merupakan pakar di bidang THT, kesehatan anak (pediatri) dan anestesi. Selanjutnya, acara symposium berlangsung hingga tengah hari dan dilanjutkan dengan kegiatan workshop.

Masih di lokasi yang sama, workshop dengan materi diagnostic laryngoscopy and bronschoscopy diikuti oleh 27 peserta hands on dan 10 peserta observer. Di awal sesi dr. Mahesh menjelaskan cara menggunakan alat flexible laryngoscopy secara aman dan benar. “Alat yang saya pegang ini terbuat dari fiberglass, sehingga kita harus hati-hati jangan sampai menekuknya secara ekstrim,” jelas dr. Mahesh sambil mencontohkan. Peserta pun tampak takzim mendengar penjelasan narasumber. Di sesi selanjutnya, peserta dibagi ke dalam lima kelompok kecil untuk praktik langsung menggunakan laryngoscop, puluhan peserta ini tampak antusias mengikuti arahan instruktur saat melakukan laryngoscopy dengan hewan coba kelinci. (Alfi/Reporter).

Berita Terbaru