Webinar Standar Pendidikan Kedokteran

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan online webinar Standar Pendidikan Kedokteran: Struktur Pendidikan Kedokteran Fase Akademik dan Profesi di Indonesia, Selasa (26/7) secara daring.

Pendidikan kedokteran merupakan salah satu jenis pendidikan yang memilki fase akademik dan profesi yang tidak dapat dipisahkan dalam rangka menghasilkan seorang dokter secara profesional.

Aturan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan LAM-PTKes menyatakan bahwa kedua fase ini dipisahkan, sedangkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pendidikan Kedokteran menyatakan bahwa kedua fase Pendidikan dokter tersebut perlu digabungkan.

Plt. Dekan FK-KMK, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH menyampaikan dalam sambutannya,  melalui webinar ini bisa menjadi media diskusi untuk mengetahui struktur standar pendidikan kedokteran berdasarkan peraturan yang ada, ragam struktur pendidikan kedokteran di Indonesia saat ini menggabungkan atau memisahkan program akademik dan profesi, mengetahui dinamika struktur struktur pendidikan kedokteran dalam menyongsong era pasca pandemi dan globalisasi serta mengetahui rekomendasi struktur pendidikan kedokteran dalam perspektif global.

Webinar ini menghadirkan narasumber nasional dan internasional, diantaranya Ketua Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD-KEMD., FINASIM, divisi kurikulum Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Dr. dr. Hermanto Trijoewono, Sp.OG(K), Ketua Indonesian Medical Education and Research Institute (IMERI), Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia dr. Ardi Findyartini, Ph.D, serta Direktur CenMedic London Prof. Janet Grant. (Dian/IRO)

X