Strategi Promosi Santun sebagai Upaya Pengembangan Diri

FK-KMK UGM. MHPE-FRIENDSHIP menyelenggarakan Workshop Graceful Self-Promotion as a Part of Your Strategic Career Plan pada Jumat (13/10) di Auditorium lantai 1 Gedung Pascasarjana Tahir FK-KMK UGM.

Page S. Morahan, Ph.D dari Drexel University College of Medicine menjadi narasumber dalam workshop ini. Dirinya memberikan paparan mengenai Strategic Career Planning: Use Graceful Self-Promotion to Establish & Maintain a Network of Colleagues.

Menurut Morahan, promosi diri secara santun penting karena bakat dan kerja keras saja dan belum cukup untuk sukses dalam sebuah organisasi. “Anda tidak bisa hanya menunggu pekerjaan Anda diakui karena itu adalah hal pasif yang tidak mengarah pada kemajuan,” jelasnya.

Promosi diri adalah teknik di mana seseorang menekankan atribut dirinya (personal brand) agar dapat dilihat secara positif dan efektif di mata orang lain. Sedangkan santun adalah keterampilan untuk melakukan hal ini dengan cara yang paling efektif dalam konteks sosiokultural dan profesional. “Jadi, promosi diri dengan santun mengarah pada penekanan personal branding secara efektif berdasarkan konteks sosikultural dan profesional,” tambahnya.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam praktek promosi diri secara santun. Pertama, persepsi terhadap promosi harus diubah. “Mengubah persepsi promosi diri ke dalam model yang santun akan membantu Anda,” ungkap Morahan.

Selanjutnya, teknik dalam promosi diri yang santun ada banyak, pemilihan teknik yang nyaman dilakukan akan membuat kita lebih mudah melaksanakannya secara konsisten. Terakhir, mulai promosi diri secara santun di antara rekan kerja agar bisa berkembang bersama.

Dalam workshop ini, Morahan tidak hanya memaparkan materi tetapi juga mengajak peserta untuk melakukan permainan Bingo dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempromosikan dirinya secara langsung. Peserta yang tergabung dalam workshop ini adalah mahasiswa dan alumni MHPE serta FRIENDSHIP fellows di Indonesia. (Nirwana/Reporter)