Raboan Online: Etik dan Profesionalisme

FK-KMK UGM. Center for Bioethics and Medical Humanities (CBMH) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan kuliah umum (Raboan Online) yang bertajuk “Ethics & Professionalism” yang disampaikan oleh dr. Peter Johannes Manoppo, Sp.B,MBIO, FINACS, FICS, dan dimoderatori oleh Prof. Dr. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK(K). Acara berlangsung selama hampir dua jam ini disiarkan melalui live streaming kanal YouTube CBMH UGM, Rabu (10/2).

Seorang dokter ahli bedah yang kerap disapa dr. Peter ini berbagi ilmu tentang etik dan profesionalisme dari sudut pandang multidisiplin. Bioetika adalah ilmu yang multi, inter dan bahkan transdisiplin atau biasa disebut dengan borderless. “UNESCO membuat deklarasi bahwa ada lima belas konteks dari bioetika, 40% diantaranya di bidang kedokteran”, ungkap dr. Peter sebelum memulai presentasi.

Etik merupakan dasar yang tepat untuk bagaimana manusia berperilaku sedangkan bioetika adalah etik yang berhubungan dengan kehidupan. “Kehidupan disini bukan berarti hanya di bidang kedokteran, misalnya lingkungan hidup, hewan coba bahkan teknik yang domainnya bukan manusia tetapi tetap titik akhirnya adalah kehidupan”, tambah dr. Peter.

Saat akhir sesi presentasi, dr. Peter menyimpulkan dengan quote Georgia Supreme Court bahwa “etik itu yang disyaratkan bersifat mutlak sedangkan profesionalisme itu yang diharapkan, sehingga etik sebagai syarat dan profeionalisme sebagai harapan”, pungkasnya.

(Arif AR/Reporter)

Selengkapnya acara di: https://youtu.be/nKY0tLookUw

X