Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Kunjungi FK-KMK UGM

FK-KMK UGM. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta melakukan kunjungan ke Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM pada Selasa (4/10). Kunjungan ini dilakukan dengan tujuan studi banding terkait akreditasi dan sertifikasi internasional.

Dr. dr. Hera Nirwati, M.Kes., Sp.MK. dalam sambutannya menyampaikan bahwa akreditasi adalah salah satu hal yang penting. “Akreditasi menjadi jaminan atas kualitas pendidikan di universitas kita, artinya kita bisa membuktikan bahwa proses belajar di tempat kita sudah berjalan dengan baik sesuai dengan standar yang ditetapkan,” tambahnya.

Waryana, SKM, M.Kes., selaku Kepala Pusat Penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Yogyakarta setuju dengan hal tersebut. Dalam kunjungan yang dilakukan oleh timnya ke FK-KMK UGM, ia berharap bisa mendapatkan informasi mengenai persiapan akreditasi internasional di kampusnya.

Dalam kunjungan ini, dr. Yudha Nurhantari, Sp.F., PhD selaku Kepala Unit Jaminan Mutu FK-KMK UGM memaparkan informasi dasar terkait Akreditasi Internasional yang telah dilakukan oleh FK-KMK UGM. Berdasarkan Keputusan Mendikbud tahun 2020 tentang 8 Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi. “Perguruan yang memenuhi 8 indikator tersebut akan mendapatkan insentif, hal ini bisa dijadikan motivasi bagi Perguruan Tinggi yang akan mengajukan akreditasi,” jelasnya.

Indikator yang dimaksud di antaranya adalah lulusan mendapat pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, serta program studi berstandar internasional.

Hadir pula Kaprodi Magister Ilmu Biomedik, dr. Nur Arfian, Ph.D dan Kaprodi Magister Keperawatan, Widyawati, S.Kp., M.Kes, Ph.D memaparkan pengalaman pengajuan Akreditasi AUN QA dan ACEN. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dilakukan antara Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan FK-KMK UGM. (Nirwana/Reporter; Foto: Abdilah)

X