Penelitian dan Pengembangan

Pembangunan kesehatan merupakan bagian terpenting dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum. Penelitian di bidang kesehatan merupakan kunci utama dalam memahami penyebab dan mekanisme berbagai permasalahan kesehatan yang ada untuk kemudian menciptakan berbagai upaya untuk mengatasinya.

Pusat Kajian

Dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Universitas Gadjah Mada dan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM memiliki unit pelaksana akademik yang memiliki peran strategis dalam melaksanakan penelitian dan publikasi untuk mendukung pengembangan kegiatan pendidikan, kerja sama dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kompetensi tertentu guna mendorong kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, yang disebut dengan Pusat Kajian. 

Pusat Kedokteran Tropis, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) merupakan pusat penelitan dan pelatihan yang berfokus pada berbagai penyakit menular tropis terutama yang terdapat di Indonesia.

Pusat Kedokteran Tropis
Gedung Penelitian dan Pengembangan Lt.2 Sayap Utara
Jl. Medika Yogyakarta 55281
Email: centertropmed.fkkmk@ugm.ac.id
Telp: +62 274 547147
Website:https://tropmed.fk.ugm.ac.id/

PKMK merupakan salah satu pusat terkemuka di Indonesia dengan keunggulan dalam ranah kebijakan dan manajemen kesehatan. Selain melakukan berbagai upaya untuk memperkuat kebijakan kesehatan dan kapasitas manajemen di Indonesia.

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan
Gedung Penelitian dan Pengembangan Lt.1
Jl. Medika Yogyakarta 55281
Email: chpm@ugm.ac.id
Telp/Fax (hunting) (+62274) 549425
Website: https://chpm.fk.ugm.ac.id/

PKGM mengemban amanat penyelenggaraan pusat kajian yaitu melaksanakan penelitian dalam bidang gizi kesehatan yang bersifat multi, lintas atau inter disiplin ilmu, antara lain gizi dan teknologi pangan, ilmu penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, ilmu kesehatan masyarakat, obstetri dan ginekologi serta biokimia.

 

Pusat Kesehatan dan Gizi Manusia (PKGM)

Gd Litbang FK-KMK Lt.3
Jalan Medika Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Telp./Faks. (0274) 547775
Email: ch2n.fk@ugm.ac.id
Website: https://pkgm.fk.ugm.acid

 

Pusat Kesehatan Reproduksi terdiri dari sebuah interdisipliner fakultas yang penelitian dan pengajarannya ditujukan untuk kesehatan seksual dan reproduksi, kesehatan ibu dan anak, dan perubahan populasi. Fokusnya adalah untuk meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan di sepanjang hidup dari populasi di Indonesia dan seluruh dunia, termasuk ibu dan bayi, keluarga, remaja, perempuan, orang tua, dan populasi dengan kebutuhan perawatan kesehatan khusus.

PUSAT KESEHATAN REPRODUKSI
Jl. Mahoni Block C 24, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Telpon: +62 274 292 4789
Email: pskespro.fkkmk@ugm.ac.id
Website: http://pkr.fk.ugm.ac.id

Visi Pusat Kedokteran Herbal adalah menjadi pusat penelitian bahan herbal bertaraf internasional yang unggul dan terkemuka, berorientasi pada kepentingan bangsa dan masyarakat yang berdasarkan Pancasila.

Meningkatkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian di bidang bioetika kedokteran dan humaniora dalam rangka menciptakan praktisi yang memiliki moral dan jiwa kemanusiaan yang berkualitas.

Pusat Bioetik dan Humaniora Kesehatan
Gedung Penelitian dan Pengembangan Lt.1
Jl. Medika Yogyakarta 55281
Email: cbmhfkugm@ugm.ac.id
Telp: 0274 547489
Website:https://bioethics.fk.ugm.ac.id/

Pusat Perilaku dan Promosi Kesehatan, yang merupakan salah satu pusat kajian di Fakultas Kedokteran, Kesehatan masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. CHBP didirikan pada bulan Juli 2000 untuk memenuhi kebutuhan kegiatan promotif dan preventif yang optimal tanpa meninggalkan kegiatan kuratif, bahkan sebagai tambahan kegiatan kuratif.

Pusat Perilaku dan Promosi Kesehatan
Gedung Penelitian dan Pengembangan Lt.3
Jl. Medika Yogyakarta 55281
Email: chbp@ugm.ac.id
Telp: 0813 2904 0840
Website:https://chbp.fk.ugm.ac.id/

Pusat Epidemiologi dan Biostatistik Unit memiliki visi untuk menjadi institusi unggulan di Indonesia dalam pendidikan dan penelitian klinis serta mempromosikan kedokteran berbasis bukti untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan kebijakan kesehatan di Indonesia.

Pusat Epidemiologi dan Biostatistik Unit
Gedung Penelitian dan Pengembangan Lt.1
Jl. Medika Yogyakarta 55281
Email: chbp@ugm.ac.id
Telp: +62 274-560-455
Website:https://cebu.fkkmk.ugm.ac.id

Pusat KPMAK mengembangkan konsep dan mendorong implementasi sistem pembiayaan dan manajemen asuransi kesehatan melalui riset ilmiah, konsultasi dan pelatihan; Serta pengembangan jaringan di tingkat lokal, regional maupun global dengan berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat.

Pusat Pengembangan Sitem Pembiayaan dan Manajemen Asuransi(KPMAK)
Gedung Penelitian dan Pengembangan Lt.1
Jl. Medika Yogyakarta 55281
Email: pusatkpmak@ugm.ac.id
Telp: +62 274 631022
Website:http://id.kpmak-ugm.org/

 

Pusat Kajian Kesehatan Anak dahulu bernama Pediatric Research Office awalnya merupakan penelitian individual dari dosen Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK-KMK UGM

Pusat Kajian Kesehatan Anak(PKKA)
Gedung Penelitian dan Pengembangan Lt.2
Jl. Medika Yogyakarta 55281
Email: pro.fkkmk@ugm.ac.id
Telp: +62 274 555455
Website:https://pkka-pro.fk.ugm.ac.id/

 

X