Pelatihan bagi Instruksi Lapangan CFHC-IPE

FK-KMK UGM. Intruktur lapangan merupakan salah satu kunci keberhasilan dari implementasi program Community and Family Health Care with Interprofessional Education (CFHC-IPE). Intruktur lapangan memberikan pendampingan bagi mahasiswa Ketika berada dilapangan bersama keluarga maupun masyarakat. Dengan demikian, mahasiswa bersama intruktur lapangan bisa langsung mendapatkan umpan balik dari keluarga maupun masyarakat. Intruktur lapangan adalah praktisi kesehatan dari puskesmas mitra CFHC-IPE yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

Unit CFHC-IPE Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan Pelatihan Penyegaran Metode Pendampingan Mahasiswa oleh Instruktur Lapangan. Pelatihan ini bekerjasama dengan Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK) FK-KMK yang dilaksanakan selama dua hari, Kamis-Jumat (28-29/07) di Universitas Club, UGM.

Selain memberikan pemahaman pada instruktur lapangan, pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan persamaan persepsi dalam memberikan metode umpan balik dan penilaian bagi sesama instruktur lapangan sesuai dengan bidang profesi masing-masing (dokter, perawat, dan ahli gizi), serta pendampingan pada mahasiswa selama menjalankan program CFHC-IPE.

Pelatihan ini diharapkan instruktur lapangan dapat memahami konsep dasar CFHC-IPE, seperti rancangan pembelajaran program, evaluasi pembelajaran dan kegiatan lapangan mahasiswa, serta mampu mengembangkan potensi kelompok dalam melaksanakan aktivitas program. Peserta pelatihan memperoleh materi meliputi penyegaran kembali visi dan misi program CFHC-IPE, sistem penilaian CFHC-IPE melalui WebApps, sesi tukar pengalaman IL dan DPL, keluarga mitra selama mendampingi mahasiswa, pamong handayani abad 21, serta simulasi pemberian umpan balik berdasarkan skenario. Pelatihan diselenggarakan dalam 2 periode pada tanggal 28-29 Juli 2022 dan 12-13 Agustus 2022. (Dian/IRO)

X