Mutu Layanan Kesehatan Menjadi Budaya Sistem Pelayanan Kesehatan

FK-KMK UGM. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM bersama dengan Indonesian Healthcare Quality Network (IHQN) dan Universitas Muhamadiyah Banjarmasin menyelenggarakan Forum Mutu IHQN Ke-16 Tahun 2020. Forum yang digelar pada Rabu (25/11) hingga Kamis (26/11) ini digelar secara daring dengan mengusung tema “Lesson Learn dari Pandemi COVID-19”.

Rangkaian Forum Mutu IHQN Ke-16 Tahun 2020 ini telah dimulai sejak Senin (23/11) hingga Selasa (24/11) lalu yang diawali dengan kegiatan pre forum berupa penyelenggaraan Bimtek Kendali Mutu dan Kendali Biaya (KMKB); Bimtek Cara Efektif Melakukan FMEA dan RCA Untuk RS dan Pelayanan Kesehatan Primer; Bimtek Penyusunan, Penerapan, dan Evaluasi Program PMKP RS; dan Bimtek Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di FKTP.

Ketua Forum Mutu IHQN Ke-16 Tahun 2020, dr. Hanevi Djasri, MARS., FISQua., saat membuka kegiatan pada Rabu (25/11) mengungkapkan bahwa Forum Mutu IHQN Ke-16 Tahun 2020 digelar untuk berbagi pengalaman, tidak hanya teori saja tetapi juga pelaksanaan dari berbagai macam upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien. “Berbagi pengalaman sangat penting karena dapat mempercepat upaya-upaya peningkatan mutu yang efektif dan efisien dalam berbagai kondisi termasuk dalam kondisi pandemi COVID-19”, jelasnya.

Forum Mutu IHQN Ke-16 Tahun 2020 sesi 1 membahas mengenai strategi pengelolaan dana kesehatan untuk menjamin akses dan kontinuitas pelayanan kesehatan, serta strategi pemerintah daerah untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Sedangkan sesi 2 membahas mengenai implementasi National Quality Policy Strategy (NQPS) “Kolaborasi Lintas Sektor dalam Mutu Pelayanan Kesehatan di Era Pandemi COVID-19”.

Kemudian kegiatan dilanjutkan pada Kamis (26/11), dengan sesi 3 yang membahas mengenai celah kecurangan (Fraud) dalam pelayanan pasien COVID-1 dan sesi 4 membahas mengenai manajemen mutu dan keselamatan pasien serta tenaga kesehatan dalam pandemi COVID-19.

Penanggungjawab Forum Mutu IHQN Ke-16 Tahun 2020, Andriani Yulianti, SE., MPH., mengungkapkan bahwa Forum Mutu IHQN digelar dengan bersama dengan mitra strategis daerah, harapannya dapat mempertemukan para profesional kesehatan yang memiliki perhatian dan semangat untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pelayanan kesehatan. Selain itu, forum ini juga memberikan kesempatan bagi para profesional kesehatan untuk mempublikasikan/ menyampaikan pengalamannya terkait mutu pelayanan kesehatan sesuai dengan tema Forum Mutu IHQN 2020, yaitu Lesson Learn dari Pandemi COVID-19.

“Harapan kami diskusi ini dapat memberikan mafaat dan meningkatkan kembali kewaspadaan bagi semua tenaga kesehatan, pasien, pemangku kebijakan, provider dan stakeholder lain yang terlibat didalamnya untuk menjadikan mutu layanan kesehatan sebagai budaya yang melekat di sistem pelayanan kesehatan kedepannya”, ungkap Andriani Yulianti. (Vania Elysia/ Reporter)

Berita Terbaru