Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Peran Dosen Pembimbing Akademik

Pelatihan Dosen Pembimbing Akademik

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan Pelatihan Dosen Pembimbing Akademik Jenjang Sarjana Batch 1 pada Selasa (03/09) di Ruang Arung Samudra, Lantai 1 Hotel Porta, Yogyakarta. Pelatihan ini bertujuan agar Dosen Pembimbing Akademik (DPA) memiliki peran penting dalam pembelajaran mahasiswa, baik pembelajaran pengetahuan, keterampilan dan perilaku profesional bagi mahasiswa.

Pelatihan Dosen Pembimbing Akademik ini dilaksanakan selama dua hari. kegiatan yang dilakukan mulai dari pemaparan materi terkait mentorship, metode pembimbingan akademik, hingga mekanisme dalam berkomunikasi dengan mahasiswa. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya SDG 4 Pendidikan Berkualitas.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa generasi Z nantinya banyak yang menjadi mahasiswa, sehingga dosen pembimbing akademik, khususnya di FK-KMK UGM harus bisa mengikuti perkembangan tersebut untuk dapat memberikan yang terbaik pada saat pembelajaran.

“Selain materi-materi akademik yang sudah disiapkan, kita perlu mempersiapkan banyak hal yang lainnya. Karena generasi Z merupakan generasi yang melek teknologi. Selain itu, kita mempunyai tantangan terkait kesehatan mental. Sehingga menjadi tugas bersama kita sebagai dosen pembimbing akademik dalam mendampingi mahasiswa saat proses pembelajaran hingga pendewasaan yang optimal,” terang dr. Hamim.

Pada pelatihan ini, dr. Yoyo Suhoyo, M.Med.Ed., Ph.D. memberikan pemaparan terkait Metode Pembimbingan Akademik. Beliau menyampaikan bahwa peran dosen pembimbing akademik meliputi beberapa poin. Antara lain, memberikan bimbingan dan bantuan umum, mengidentifikasi kebutuhan peserta didik dan memantau kemajuannya, menjadi mentor dan teladan, hingga menyediakan bimbingan serta mengajarkan keterampilan belajar.

“Pembelajaran yang sukses itu ada dua aspek, yakni akademik dan pribadi. Sehingga bapak dan ibu dosen kalau bisa mempunyai portofolio mahasiswa tersebut. Portofolio ini menjadi bahan para dosen untuk berdiskusi dengan mahasiswa saat bimbingan,” ujar dr. Yoyo.

Selain itu, ada juga pemaparan tentang faktor-faktor penentu kesuksesan belajar mahasiswa yang disampaikan oleh Restu Vistasari, MPsi. Pemaparan ini memfokuskan agar mahasiswa dapat dengan nyaman ketika di lingkungan kampus untuk belajar. Selain itu, ada wadah bagi mahasiswa untuk bimbingan ataupun mendapatkan layanan konseling. Pemaparan ini sejalan dengan SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Pelatihan ini melibatkan seluruh dosen FK-KMK UGM. Pada pelatihan yang pertama diperuntukkan bagi dosen program studi keperawatan dan program studi gizi.  Pelatihan ini diharapkan pada dosen memiliki kemampuan untuk membimbing mahasiswa dalam mengikuti kurikulum pendidikan secara efektif sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Peserta pelatihan juga didorong untuk mengajarkan mahasiswa memanfaatkan portofolio sebagai alat pendukung pembelajaran. Dengan demikian, mahasiswa dapat merencanakan dan melaksanakan kegiatan tindak lanjut yang tepat berdasarkan data dan umpan balik dari portofolio serta bimbingan dari dosen pembimbing akademik. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan karakteristik utama sebagai seorang dokter yang profesional, baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. (Humas/Sitam).