Mengenal Generasi Z dan Cara Mengatasinya

FK-KMK UGM. Setiap generasi memiliki karakteristik yang berbeda. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH pemahaman karakteristik setiap generasi penting untuk menentukan strategi dalam mendidik mahasiswa.

Paparan ini disampaikan dalam kegiatan rutin Lunch Discussion FK-KMK UGM dengan topik “Cegah Kudet Menghadapi Gen Z” yang dilaksanakan secara daring pada Senin (21/11). “Saya berharap diskusi ini akan memberikan informasi terkait cara mengatasi kesenjangan generasi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa,” jelasnya.

Smita Dinakaramani, S.Psi., M.Psi, seorang psikolog dari Fakultas Psikologi UGM hadir sebagai narasumber dengan memberikan paparan terkait “Hal-hal yang Perlu Diketahui tentang Gen Z”. Dirinya menjelaskan ada beberapa karakteristik utama generasi Z, yaitu ambisius, memiliki rasa penasaran yang tinggi, suka atensi, serta asertif.

Untuk menghadapi generasi Z, Smita menganjurkan staf pengajar untuk selalu sabar, memberikan banyak apresiasi, memberikan tugas secara personal, serta menyetarakan level dengan mereka.

Hadir pula dr. Nur Arfian, Ph.D dari Departemen Anatomi FK-KMK UGM memberikan materi terkait “Kiat Sukses Menghadapi Gen Z”. Menurutnya ada beberapa kiat sukses yang bisa dilakukan dosen supaya mahasiswa nyaman selama mengikuti kelas. “Dosen perlu melakukan inovasi, kreasi, membuat sesuatu yang baru, mengajar dengan cara berbeda, serta mengeluarkan sisi unik yang ada pada dirinya,” tambahnya. (Nirwana/Reporter)

X