Mahasiswa UGM Membudayakan Perilaku Hidup Sehat Sejak Dini

FK-KMK UGM. Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan adalah program yang bertujuan untuk mengajarkan masyarakat cara hidup yang bersih dan sehat agar masyarakat itu sendiri dapat berpartisipasi aktif dalam peningkatan kualiatas kesehatan masyarakatnya, dimulai dari diri sendiri, anggota keluarga serta lingkungan sekitar. Program PHBS diajarkan dari usia kecil hingga lansia sehingga semua orang dapat saling bahu membahu.

Mahasiswa KKN-UGM 2022 Periode I Unit Pathuk Sub-Unit Nglanggeran Wetan menjadi pengajar PHBS di SD Nglanggeran selama masa kerja mereka dari awal Maret hingga akhir April 2022. Tim KKN-UGM ini terdiri dari mahasiswa fakultas kedokteran dan fakultas non-kedokteran. Tim mahasiswa tersebut bersinergi memberikan edukasi kepada anak-anak.

Beberapa langkah PHBS yang diajarkan ke siswa siswi SD Nglanggeran, antara lain: pertama, pentingnya menyikat gigi dan cara menyikat gigi yang benar. Kedua, mencuci tangan 6 langkah. Ketiga, pentingnya menjaga kebersihan rambut dan kuku. Keempat, gizi sehat agar tumbuh kuat dan sehat.

Sasaran kegiatan edukasi tersebut ditujukan bagi seluruh siswa-siswi SD Nglanggeran dari kelas 1 hingga 6 sejumlah 86 siswa. Edukasi diisi dengan pemberian materi secara interaktif lewat tanya jawab, video animasi dan bahkan praktek secara langsung. Materi gizi sehat juga diisi dengan games interaktif, yaitu lomba menyusun tumpeng gizi yang diikuti dengan antusias oleh para siswa siswi.

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM juga turut menyumbangkan 35 set sikat gigi dan pasta gigi anak, serta 6 buah sabun cuci tangan untuk menunjang kegiatan PHBS ini. Kegiatan edukasi yang diikuti dengan antusias oleh siswa-siswi SD Nglanggeran ini bisa berjalan lancar. Harapannya dari kegiatan ini anak-anak bisa belajar cara mencuci tangan yang benar, menyikat gigi yang benar, membersihkan diri serta mengerti gizi sehat. Kemudian harapan selanjutnya mereka dapat mengajar keluarganya serta lingkungan sekitarnya, seperti apa yang dicita-citakan oleh program PHBS (Kautsar Aliffia/Kontributor; Foto: dok. pribadi).

X