Ibu Tangguh Milenial, Pantau Anak Tumbuh Optimal

FK-KMK UGM. Raisa Radio UGM mendatangkan pembicara dr. V. Evita Setianingrum, MPH., Kepala Puskesmas Mlati 2 dan Alumni S2 IKM UGM Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM berbagi ilmu dengan topik “Ibu Tangguh Milenial, Pantau Anak Tumbuh Optimal”. Acara yang berlangsung selama hampir satu jam ini disiarkan melalui aplikasi Raisa Radio dan website ph.fk.ugm.ac.id, Selasa (9/2).

Dokter Evita mengawali presentasi dengan menjelaskan masalah-masalah pemantauan tumbuh kembang anak pada masa pandemi Covid-19. “Kami di Puskesmas membuat panduan elektronik sederhana supaya ibu-ibu milenial dapat memantau tumbuh kembang anak secara mandiri di rumah menggunakan gadget”, ungkapnya.

Dokter Evita juga menambahkan bahwa pada masa pandemi ibu-ibu milenial perlu menyediakan seperti: thermometer, meteran baju/metline, paracetamol syrup atau obat penurun panas dan paling aman untuk anak-anak paracetamol dibandingkan ibuprofen, sayur dan buah, makanan buatan rumah, timbangan dan oxymetri.

Dalam sesi ini, dr. Evita menjelaskan bahwa mengukur status gizi balita di rumah itu mudah, “Kami memberikan panduan berupa leaflet untuk membantu mengukur status gizi balita diantaranya mengukur berat badan berdasarkan umur biasanya berat badan balita umur 1 tahun 3xlipat berat badan baru lahir, mengukur tinggi badan berdasarkan umur untuk bayi berusia 0-6 bulan dapat dilakukan dengan berbaring menggunakan meteran sesuai garis kepala dan garis kaki, dan terakhir mengukur lingkar kepala dengan nilai normal sesuai dengan tabel”, jelasnya. (Arif AR/Reporter)

X