FK-KMK UGM. Ledok Sambi Ecopark menjadi saksi dari sebuah acara yang penuh semangat dan kebersamaan bertajuk Funesthesia 2.0. Diselenggarakan oleh Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FK-KMK UGM, Sabtu, 17 Agustus 2024. Acara ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang sukses diadakan pada tahun lalu. Acara ini bertujuan untuk mempererat rasa percaya dan kerja sama antar anggota tim dalam lingkungan medis.
Rangkaian kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama. Senam pagi ini tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga memulai hari dengan energi positif. Acara dilanjutkan dengan sesi ice breaking, di mana para peserta dibagi ke dalam kelompok acak. Ini bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan membangun relasi baru di antara peserta yang mungkin belum saling mengenal sebelumnya. Ice breaking ini sangat penting karena momen inilah yang menyiapkan mereka untuk berkolaborasi secara efektif dalam kegiatan selanjutnya.
Acara resmi dibuka dengan sambutan dari dr. Yunita Widyastuti, Sp.An-TI, M.Kes, Subsp. An.Ped (K), Ph.D, Kepala Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif FK-KMK UGM – RSUP Dr. Sardjito. Dalam sambutannya, dr. Yunita menekankan pentingnya kerja sama tim yang solid untuk mendukung pelayanan medis yang efisien dan efektif.
Selanjutnya, peserta dibagi ke dalam tim dan mengikuti empat jenis permainan yang dirancang untuk meningkatkan semangat tim dan keterampilan kerja sama. Permainan tersebut meliputi Tarik Tambang, Blind Volleyball, Bulldozer, dan Bakiak Race. Setiap kelompok besar dibagi menjadi dua tim untuk bersaing mengumpulkan poin sebanyak mungkin. Puncak dari permainan adalah Lomba Estafet Tepung, di mana semua kelompok berkompetisi secara bersamaan dalam acara yang penuh keceriaan ini.
Setelah sesi permainan yang seru, para peserta menikmati hidangan lezat sambil menyaksikan penampilan musik. Musik ini dibawakan oleh pemusik yang diundang oleh Event Organizer ASA, serta kolaborasi dari residen dan konsulen Anestesi. Penampilan musik ini menambah suasana meriah dan memberikan kesempatan bagi peserta untuk bersantai dan bersenang-senang setelah melalui berbagai tantangan dalam games.
Acara ditutup dengan pengumuman pemenang, di mana kelompok yang berhasil meraih poin terbanyak dari rotasi games dinyatakan sebagai Juara 1, 2, dan 3. Selain itu, juga ada kategori Kelompok Favorit yang dipilih berdasarkan antusiasme dan semangat kelompok selama acara berlangsung.
Funesthesia 2.0 bukan hanya tentang kompetisi dan permainan, tetapi juga tentang mempererat hubungan antar sesama anggota tim dalam lingkungan medis. Melalui acara ini, diharapkan tim dapat kembali bekerja dengan semangat baru dan kerja sama yang lebih solid. Kegiatan ini juga menyokong upaya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs 4 mengenai Pendidikan Berkualitas, SDG 10 tentang Berkurangnya Kesenjangan, SDG 16 tentang Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, dan SDG 17 tentang Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Kontributor: Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif. Editor: Dian/Humas)