Alumni Berbagi: FGD C2 (Research, PPDS Patologi Anatomi, Mirobiologi, dan Forensik)

FK-UGM. Pada FGD di ruang C2 yang bertajuk  “Research”, dan PPDS PA, Mikrobiologi dan Forensik” mendatangkan pembicara-pembicara yang berkecimpung di dalamnya. Salah satunya adalah Giovani van Empel, M.Sc, seorang alumni FK UGM yang sudah menjadi master of health economics. Beliau pun pernah menjabat sebagai Presiden Mahasiswa  UGM tahun 2011.

Selanjutnya, adalah dr. Yodi Christiani, MPH, Ph.D, seorang public health specialist dari CREDOS Institute. Beliau menjelaskan  mengenai plus minus menjadi seorang peneliti dan menjelaskan pula bahwa kedepannya kebutuhan akan ahli dan pihak-pihak yang bergabung di dalam research akan lebih tinggi dari saat ini, hal ini karena kebutuhan untuk  dapat lebih maju. Hal terpenting untuk dapat bergabung dalam suatu research itu sebenarnya sederhana, yaitu kemampuan dan kesenangan dalam mengolah data. Dan di akhir presentasi, beliau memberikan preparation tips bagi yang tertarik untuk menjadi peneliti.

Pembicara ketiga yang juga merangkap sebagai moderator adalah dr. Raden Ludhang Pradipta Rizki, M. Biotech, Sp.MK selaku staf Departemen Mikrobiologi FK UGM. Beliau menjelaskan mengenai program studi PPDS Mikrobiologi Klinik secara singkat.

Kepala Prodi PPDS Forensik, dr. Yudha Nurhantari, Sp.F, Ph.D pun turut hadir menjadi pembicara pada acara “Alumni Berbagi” ini. Beliau pun juga menjelaskan mengenai program studi PPDS Forensik secara singkat.

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembicara terakhir adalah dr. Yosinta Snak, Sp.PA, seorang pathologist lulusan FK UGM yang baru saja mengakhiri masa residensinya.  Beliau memaparkan alasan-alasan yang dapat diambil untuk memilih PPDS Patologi Anatomi, salah satunya adalah karena jumlah dokter patologi anatomi di Indonesia ini masih sedikit padahal bidang ini dibutuhkan di semua bagian untuk penegakan diagnosis serta pemilihan dan evaluasi terapi. Dan beliau pun juga menjelaskan mengapa  PPDS Patologi Anatomi UGM layak untuk dipilih, yaitu dikarenakan sudah mendapat akreditasi A dari Lamptkes, kemudian lingkungan belajar yang kondusif dan juga fasilitas belajar mengajar yang memadai.

(Unit Alumni/Kontributor)

Klik untuk melihat materi