Mahasiswa FK-KMK Ungkap Temuan Akurasi Parameter Ekokardiografi untuk Diagnosis Hipertensi Pulmonal pada Anak

FK-KMK UGM. Dalam sesi 3 Minute Thesis Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Prodi Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM), Danang Setia Budi mempresentasikan penelitiannya yang berjudul “Akurasi Parameter Ekokardiografi dalam Menegakkan Diagnosis Hipertensi Pulmonal pada Anak dengan Defek Septum Atrium”. Dalam video singkatnya, Danang menguraikan metodologi penelitian, temuan utama, serta implikasi dari hasil penelitian tersebut, memberikan wawasan mendalam mengenai efektivitas ekokardiografi dalam diagnosis hipertensi pulmonal pada populasi anak.

Danang menjelaskan bahwa penelitian ini berfokus pada evaluasi akurasi berbagai parameter ekokardiografi dalam mendeteksi hipertensi pulmonal pada anak-anak yang memiliki defek septum atrium. Dengan menggunakan ekokardiografi, metode ini bertujuan untuk menyediakan alat diagnosis yang lebih tepat dan non-invasif untuk kondisi yang seringkali sulit dideteksi pada tahap awal. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki proses diagnosis dan manajemen hipertensi pulmonal pada anak-anak, sehingga dapat meningkatkan hasil kesehatan jangka panjang.

Dalam presentasi ini, Danang Setia Budi didampingi oleh dua pembimbing ahli, yaitu dr. Indah Kartika Murni, PhD, SpA(K), dan Prof. Dr. dr. Lucia Kris Dinarti, SpPD(K), SpJP(K). Dukungan dan bimbingan dari kedua ahli ini memainkan peran penting dalam memastikan kualitas dan relevansi penelitian. Kontribusi mereka membantu memvalidasi hasil penelitian dan memberikan arah yang jelas untuk penerapan klinis dari temuan tersebut.

Penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi penting dalam bidang kardiologi anak tetapi juga sejalan dengan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3, yang menekankan kesehatan dan kesejahteraan bagi semua. Selain itu, sejalan dengan SDG 4 Pendidikan Berkualitas dan 9 Industri, Inovasi dan Infastruktur. Dengan penelitian ini, diharapkan ada kemajuan dalam pemahaman dan penanganan hipertensi pulmonal, yang dapat berdampak positif pada kesejahteraan anak-anak secara keseluruhan dan memberikan kontribusi pada kesehatan masyarakat secara lebih luas.

Kegiatan video presentasi “3 Minutes Thesis” diselenggarakan oleh Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM pada bulan Februari lalu.  (Kontributor: Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular. Editor: Dian Paramitasari)

Berita Terbaru