Kegiatan Ekshumasi FK-KMK UGM Bersama RS Bhayangkara POLDA DIY

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM bekerja sama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY melakukan kegiatan ekshumasi di di Desa Karanglo, Kecamatan Klaten Selatan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Kamis (11/01). Kegiatan yang dipimpin oleh dr. Dewanto Yusuf P, M.Sc., Sp.FM mengikutsertakan staf dan teknisi RS Bhayangkara Polda DIY, mahasiswa PPDS IK Forensik dan Medikolegal FK-KMK, serta dokter muda FK-KMK UGM.

Ekshumasi merupakan kegiatan penggalian kubur dari jenazah dan dilanjutkan dengan otopsi forensik sesuai prosedur yang berlaku. Kegiatan tersebut diawali dengan doa, diikuti dengan pengidentifikasian makam-makam di sekitar makam janazah, penggalian makan jenazah, dan pengeluaran jenazah dari kuburnya. Selain itu, dilakukan juga pengambilan sampe tanah dan sampel tubuh jenazah untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah rangkaian pemeriksaan selesai, jenazah kembali dimandikan, dikafankan, dan dimakamkan. Kegiatan ditutup dengan doa.

Tujuan ekshumasi dari aspek hukum dan penyidikan adalah untuk mengidentifikasi personal jenazah dan pencarian penyebab kematian dari jenazah tersebut. Hal tersebut sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 16 Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh. Secara aspek sosial, kegiatan ini juga akan mempererat kemitraan FK-KMK UGM dan RS Bhayangkara, sebagaimana SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Selain itu, sejalan dengan SDG 4 Pendidikan yang Berkualitas dan SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan kompetensi dan peningkatan penelitian para PPDS dan dokter muda yang sedang menempuh pendidikan di FK-KMK UGM. (Reporter: Departemen Forensik dan Medikolegal/Editor: Putri)

Berita Terbaru