Mahasiswa FK-KMK Paparkan Temuan Disfungsi Ventrikel Kanan

FK-KMK UGM. Dalam video presentasi 3 Minute Thesis Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Prodi Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM), Annisa Luthfiya Imani membagikan hasil tesisnya yang berjudul “Faktor yang Berpengaruh Terhadap Disfungsi Ventrikel Kanan yang Diukur Menggunakan Longitudinal Strain Ventrikel Kanan pada Pasien Defek Septum Atrium yang Belum Dikoreksi”.

Penelitian ini fokus pada identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi disfungsi ventrikel kanan pada pasien dengan defek septum atrium yang belum menjalani koreksi, dengan menggunakan longitudinal strain ventrikel kanan sebagai metode pengukuran.

Dalam presentasinya, Annisa menjelaskan bagaimana disfungsi ventrikel kanan pada pasien defek septum atrium dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Dengan menggunakan teknik longitudinal strain ventrikel kanan, penelitian ini memberikan wawasan baru mengenai dinamika fungsional ventrikel kanan dan bagaimana kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan pasien secara keseluruhan. Temuan ini penting untuk diagnosis dan pengelolaan pasien dengan defek septum atrium, terutama bagi mereka yang belum menerima intervensi korektif.

Annisa Luthfiya Imani, dalam penelitiannya, didampingi oleh dua pembimbing ahli bidang Kardiologi, yaitu Prof. Dr. dr. Lucia Kris Dinarti, Sp.PD(K), Sp.JP(K), dan dr. Dyah Wulan Anggrahini, Ph.D, Sp.JP(K). Dukungan dan bimbingan dari kedua ahli ini memperkuat kualitas penelitian dan memastikan relevansi temuan dalam konteks klinis. Penelitian ini tidak hanya memperluas pemahaman tentang disfungsi ventrikel kanan, tetapi juga berkontribusi pada upaya global untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3, yang berfokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Melalui riset ini, Annisa dan timnya berupaya meningkatkan kualitas hidup pasien dengan defek septum atrium yang belum dikoreksi, dengan memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi disfungsi ventrikel kanan. Temuan ini dapat membantu dalam pengembangan metode pengobatan dan intervensi yang lebih efektif, serta memperbaiki penanganan kondisi ini di klinik dan rumah sakit. Inovasi pengembangan metode pengobatan ini selaras dengan tujuan 9 tentang industri, inovasi dan infrastruktur.

Kegiatan video presentasi “3 Minutes Thesis” diselenggarakan oleh Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM pada bulan Februari lalu. Kegiatan presentasi video sebagai upaya dalam meningkatkan pendidikan berkualitas di FK-KMK, sesuai dengan SDGs tujuan 4. (Kontributor: Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular. Editor: Dian Paramitasari)

Berita Terbaru