Mindfuel Revolution: Gerakan Revolusi Remaja Sadar Nutrisi untuk Kesehatan Jiwa Raga

FK-KMK UGM. Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada Sabtu (29/06) dengan mengundang kader kesehatan remaja dari 11 SMA Negeri dan 9 SMA Swasta. Kegiatan tersebut dilaksanakan di FK-KMK UGM.

Dalam pertemuan tersebut, kader kesehatan mendapatkan materi terkait kesehatan mental serta pemilihan makanan dan minuman sehat. Tim Pengabdian mengajak para kader praktik pemilihan makanan dan minuman yang termasuk sehat dan tidak sehat. Saat pelatihan, tim menyediakan beberapa pos yang menunjukkan produk-produk makanan dan minuman, kemudian kader diminta untuk mengelompokkan makanan dan minuman yang tergolong sehat. Melalui praktik ini, diharapkan kader menjadi lebih sadar dan bisa mengetahui serta mempraktikkan langsung pemilihan makanan dan minuman sehat. Selain itu, kader juga mendapatkan praktik untuk pemilihan makanan sesuai gizi seimbang.

dr. Yogik Onky Silvana Wijaya, Ph.D. selaku ketua pengabdian masyarakat menyampaikan konsep ini mendorong sekolah peduli kesehatan siswa dalam penerapan perilaku sehat serta sadar kesehatan mental. Harapannya, dengan adanya program ini semakin banyak sekolah yang memiliki kader kesehatan dan dapat mempromosikan perilaku sehat kepada remaja atau pelajar SMA. “Dengan adanya program ini, diharapkan kader mampu mendeteksi dini gangguan mental dan nutrisi di remaja sehingga dapat merujuk atau melakukan intervensi sederhana,” terang dr. Yogik. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals atau SDGs, yakni poin 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Selain itu, kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk dengan institusi SMA merupakan bentuk dukungan dari SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Reporter: Resha Ayu/Editor: Putri)

Berita Terbaru