Diskusi Khusus Tentang Sistem Rujukan Pasien Diabetes Mellitus dengan Komplikasi Ulkus Kaki Diabetes di DIY

FK-KMK UGM. Pada 20 Juni 2024, Dinas Kesehatan Provinsi DIY menjadi tuan rumah diskusi khusus mengenai sistem rujukan untuk pasien diabetes mellitus yang mengalami komplikasi ulkus kaki diabetes. Inisiatif ini merupakan kolaborasi antara Departemen Ilmu Penyakit Dalam Divisi Endokrinologi dan Pusat Kajian Epidemiologi dan Biostatistik FK-KMK UGM, bersama dengan dinas kesehatan se-Provinsi DIY, BPJS Kesehatan, dan RSUP Dr. Sardjito.

Diskusi ini bertujuan untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Nomor 3, yaitu kesehatan yang baik dan kesejahteraan. Fokus utama pertemuan ini adalah memperkuat akses serta kualitas perawatan kesehatan bagi pasien dengan komplikasi diabetes kronis, yang sejalan dengan prinsip-prinsip SDGs. Pertemuan ini berhasil menghasilkan rencana dan strategi baru untuk meningkatkan sistem perawatan dan rujukan, dengan harapan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada kualitas hidup pasien.

Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan memberikan kontribusi dalam diskusi ini. Melalui kerjasama ini, kami semakin dekat untuk mewujudkan masa depan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat. Kegiatan ini terkait dengan pilar ketiga SDGs: Kehidupan Sehat dan Sejahtera, pilar keempat SDGs: Pendidikan Berkualitas dan pilar ketujuh belas SDGs: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.
(Penulis: Gisara Paramita)

Berita Terbaru