Pemberdayaan dan Keberlanjutan Kader Santri Sehat di Pondok Pesantren Assalafiyyah II Mlangi

FK-KMK UGM. Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada melakukan kegiatan pengabdian Pemberdayaan Kader di Pondok Pesantren Assalafiyyah II Mlangi, Sleman, Yogyakarta. Melihat hasil dan capaian program pengabdian masyarakat pada 2 tahun terakhir mulai dari berbagai pelatihan yang dilakukan dalam rangka pembentukan Kader Santri Sehat hingga penyusunan buku panduan untuk para Kader Santri Sehat, pada tahun 2024 tim berfokus pada optimalisasi intervensi untuk menunjang keberhasilan program.

Sabtu, (29/06) tim pengabdian menyelanggarakan kegiatan pemeriksaan fisik skabies bekerjasama dengan Departemen DVE FK-KMK UGM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini yang diketuai oleh dr. Hanggoro Tri Rinonce, Ph.D, Sp.PA(K) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan santri terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Program ini merupakan bentuk dukungan dalam pencapaian SDGs tujuan ketiga yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Program pengabdian ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak diantaranya pengelola Pondok Pesantren Assalafiyyah II Mlangi, Puskesmas II Gamping, PMI Kabupaten Sleman, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, dan Lembaga Kesehatan PWNU DIY. Hal ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi komunitas pesantren dan mendorong peningkatan kualitas hidup santri. Melalui program-program ini, tim pengabdian UGM berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kesehatan di berbagai komunitas dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan. (Reporter: Resha Ayu/Editor: Putri)

Berita Terbaru