Gelar Wicara Pengembangan Karir Lulusan Gizi FK-KMK UGM

FK-KMK UGM. Mahasiswa baru Program Studi Gizi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM mendapatkan pemaparan secara mendalam terkait pengembangan karir tenaga kesehatan pada Kamis (01/08) di Auditorium Ismangoen, lantai 3 FK-KMK UGM.

Gelar wicara ini merupakan rangkaian kegiatan Pionir Morfogenesis yang diselenggarakan pada hari kedua. Narasumber pada kegiatan ini adalah Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., MPH dan Adhi Priyo Pamungkas, S.Gz. pemateri pertama, Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., MPH yang merupakan dosen di program studi Gizi FK-KMK UGM memaparkan terkait peluang karir di luar akademisi.

Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., MPH menceritakan pengalaman beliau berkarir sebagai ahli gizi untuk atlet. Di tahun 2014, Mirza Hapsari menjadi tim ahli gizi tim nasional sepakbola U19. Saat ini, beliau menjadi ahli gizi untuk atlet nasional balap sepeda.

“Semua yang berkaitan dengan olahraga, pastinya dipelajari di Prodi Gizi. Mulai dari dasar gizi olahraga, olahraga lanjut, gizi dan kebugaran, hingga lebih lanjut pada saat kalian mengambil profesi,” terang Mirza Hapsari.

Selain itu, Mirza Hapsari menjelaskan bagaimana alur beliau dalam merintis usaha yang berkaitan dengan konsultan gizi. Hal ini diharapkan agar mahasiswa program gizi FK-KMK UGM dapat melihat potensi untuk bekerja dengan keilmuan yang tepat, khususnya di bidang ahli gizi.

Pada sesi kedua, pemaparan disampaikan oleh Adhi Priyo Pamungkas, S.Gz. Beliau merupakan lulusan program studi Gizi FK-KMK UGM angkatan tahun 2011. Saat ini Pamungkas bekerja di sebagai ahli gizi di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Di BRIN, saya sebagai perekayasa. Sehingga tugas saya lebih banyak dalam inovasi. Ini artinya, ahli gizi bisa bekerja di mana saja yang berkaitan dengan keilmuannya. Mulai dari peneliti, perekayasa, auditor terkait makanan yang baik, dan lainnya,” terang Pamungkas. Materi ini selaras dengan SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, serta SDG 2 Tanpa Kelaparan karena terkait gizi dan nutrisi.

Pembekalan tentang pengembangan karir yang diselenggarakan sebagai pembaruan informasi bagi mahasiswa baru, sehingga selaras dengan SDGs khususnya SDG 4 Pendidikan Berkualitas, serta SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Di tahun ajaran 2024/2025, Program Studi Gizi FK-KMK UGM menerima sebanyak 104 mahasiswa baru. Secara keseluruhan, FK-KMK UGM menerima sebanyak 524 mahasiswa baru yang terbagi menjadi tiga prodi. Pendidikan Kedokteran, Keperawatan, serta Gizi. (Humas/Sitam).

Berita Terbaru