PKKMK UGM Gelar Webinar Internasional Penyakit Kardiovaskular dan Skrining

FKKMK UGM. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyelenggarakan webinar bertajuk “Penyakit Kardiovaskular dan Skrining” pada Selasa, 4 Juni 2024, pukul 09.00 – 10.30 Waktu Munster, atau 14.00 – 15.30 WIB. Acara ini dilaksanakan bekerja sama dengan Universitas Munster, Jerman, dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang penyakit kardiovaskular, khususnya penyakit jantung bawaan, serta pentingnya skrining di berbagai negara. Webinar dibuka dengan sambutan dari Prof. dr. Laksono Trisnantoro, Ph.D., yang menekankan pentingnya kolaborasi internasional dalam meningkatkan manajemen penyakit kardiovaskular.

Sesi utama dipandu oleh dr. Dyah Wulan Anggrahini, Ph.D, Sp.JP (K). Salah satu pembicara, Prof. Gerhard-Paul Diller dari Universitas Munster, Jerman, memaparkan materi tentang “Gambaran Umum Perawatan Pasien dengan Penyakit Jantung Bawaan sebagai Penyakit Seumur Hidup.” Beliau memberikan tinjauan menyeluruh tentang manajemen pasien dengan penyakit jantung bawaan sebagai kondisi seumur hidup, serta menekankan pentingnya pendekatan holistik untuk meningkatkan kualitas hidup pasien.

Prof. Sigler, dari Universitas Munster, membahas “Skrining untuk Penyakit Jantung Bawaan di Jerman” dan menjelaskan metode skrining yang digunakan di Jerman, termasuk pemeriksaan rutin awal untuk mendeteksi penyakit jantung bawaan. Ia juga membahas manfaat dan tantangan dalam penerapan skrining tersebut. Prof. Dr. dr. Lucia Kris Dinarti, SpPD-KKV, SpJP(K) dari Universitas Gadjah Mada, Indonesia, menyajikan materi tentang “Status Skrining di Sekolah Dasar di Indonesia.”yang menguraikan status terkini skrining penyakit jantung bawaan di sekolah dasar di Indonesia, menjelaskan program yang sedang berjalan, tantangan yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan efektivitas skrining di kalangan anak-anak.

Webinar dihadiri oleh 79 peserta melalui Zoom dan 51 peserta melalui streaming YouTube dari berbagai kelompok akademisi, praktisi kesehatan, dan mahasiswa. Tujuan webinar yaitu untuk memperluas pengetahuan dan wawasan tentang penyakit kardiovaskular dan skrining, serta memperkuat kolaborasi internasional dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Webinar diakhiri dengan sambutan penutup dari Prof. Dr. Med. dr. Rasjid Soeparwata, Sp.B(K), Sp.BTKV(K). Prof. Rasjid mengucapkan terima kasih kepada para pembicara atas presentasi yang sangat informatif dan bermanfaat serta kepada seluruh peserta atas keterlibatan mereka. Ia berharap pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan dalam praktik sehari-hari dan mendorong kemajuan lebih lanjut dalam skrining penyakit kardiovaskular.

Webinar ini merupakan bagian dari upaya PKMK FK-KMK UGM untuk terus berkontribusi dalam peningkatan layanan kesehatan melalui pendidikan dan kolaborasi internasional. Keberhasilan acara ini diharapkan menjadi batu loncatan untuk kegiatan serupa di masa depan, memperkuat jaringan dan kerja sama antar institusi dalam menghadapi tantangan kesehatan global. Kegiatan ini mendukung SDG No.4 tentang Pendidikan Berkualitas. (Reporter:PKMK UGM/Editor: Guntari).

Berita Terbaru