Guest Lecture: Peningkatan Wawasan untuk Dokter dan Residen Radiologi

FK-KMK UGM. Departemen Radiologi FK-KMK UGM kembali mengadakan acara “Visiting Professor and Guest Lecturer (VPGL)” di Auditorium Gedung Tahir Utara Lt. 1. Dengan topik “A Catch up in Radiology Practical Guide During Residency” pada Jumat (26/07) dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan para dokter spesialis dan residen radiologi. Sebanyak 124 peserta mengikuti acara ini yang diselenggarakan secara bauran.

Dr. Ramdas Senasi, konsultan radiologi pediatrik dari Hull University Teaching Hospitals, Inggris, membuka sesi pertama dengan pembahasan tentang pencitraan pediatrik, menyoroti pentingnya identifikasi perangkat dalam tubuh dan penilaian komplikasi yang mungkin terjadi. Ia juga membahas kondisi seperti konsolidasi paru, atelektasis, hernia diafragma, dan kelainan sistem pencernaan yang terlihat dalam pencitraan pediatrik.

Sesi kedua diisi oleh Prof. Dr. Hamzaini Abdul Hamid dari Universiti Kebangsaan Malaysia-Hospital Pakar Kanak-Kanak. Beliau memaparkan pentingnya penilaian simetri dalam pencitraan pediatrik dan integrasi informasi klinis serta laboratorium untuk mendapatkan diagnosis yang komprehensif. Penekanan diberikan pada pemeriksaan menyeluruh mulai dari kulit, jaringan subkutan, sistem tulang, hingga organ dalam.

Acara ini akan berlangsung hingga 5 Agustus 2024, termasuk pelatihan teori dan praktik functional brain MRI dengan tiga pakar dari Universiti Kebangsaan Malaysia, yaitu Associate Professor dr. Hanani Abdul Manan, Associate Professor dr. Noorazrul Azmie Yahya, dan Ms. Noor Shafiza.

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Departemen Radiologi FK-KMK UGM untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, SDG 4 Pendidikan Berkualitas, dan SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Kontributor: Dwita Oktaviani).

Berita Terbaru