Konsolidasi AHS untuk Kesehatan Pemilu 2024

Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang komprehensif dan kondusif, perlu dilakukan mitigasi kesehatan untuk para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Oleh karena itu untuk mendukung sistem kesehatan kesehatan yang baik selama proses pemilu Academic Health System Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Pertemuan dengan anggota AHS di Provinsi DIY yang dilaksanakan secara luring pada Kamis, 4 Januari 2024 di Gedung Pascasarjana Tahir Lantai 2 sayap utara FK-KMK UGM. Kegiatan ini dipimpin oleh Dekan FK-KMK yaitu Prof. dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH.

KPPS bertanggung jawab untuk memastikan proses pemungutan suara berjalan dengan lancar, adil, dan transparan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Menjadi petugas KPPS merupakan kesempatan untuk mendorong partisipasi politik masyarakat dan memotivasi lebih banyak orang untuk menggunakan hak suaranya dalam pemilu. Berdasarkan pengalaman pemilu tahun sebelumnya, beban kerja di pemilu cukup besar menjadi salah satu faktor banyak petugas yang sakit atau meninggal dunia.

Dengan Demikian, baik Pemerintah Pusat maupun daerah sama-sama memberikan dukungan untuk memastikan para petugas KPPS tidak akan kelelahan hebat selama penyelenggaraan Pemilu 2024 berlangsung. Peserta dalam pertemuan ini terdiri dari perwakilan RSUP Dr. Sardjito, RS Akademik UGM, FK-KMK, FISIPOL, FKIK UMY, beberapa Fakultas Kedokteran di DIY, Dinas Kesehatan DIY dan masing-masing kabupaten/kota, Koordinator AHS di beberapa Fakultas Kedokteran Provinsi DIY, Ketua Badan Pengawas Pemilhan Umum DIY serta Ketua Komisi Pemilihian Umum DIY.

Berita Terbaru