Visitasi Rumah Sakit Jejaring AHS UGM: RSUD Banyumas

FK-KMK UGM. Academic Health System (AHS) Universitas Gadjah Mada melaksanakan visitasi ke rumah sakit jejaring RSUD Banyumas pada Selasa (16/07). Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan potensi masing-masing rumah sakit jejaring AHS. Pihak yang terlibat dalam kunjungan ini adalah Perwakilan AHS UGM, Komkordik RSUP Dr. Sardjito, Komkordik RSA UGM, Departemen THT FK-KMK,Dermatologi & Venereologi, Gizi dan Keperawatan, TKP PPDS FK-KMK, Wakil Dekan Bidang Kerja sama, Alumni, dan Pengabdian Masyarakat FK-KMK UGM.

Dalam kunjungan ini, masing-masing perwakilan dari FK-KMK maupun RSUD menyampaikan evaluasi terkait kerja sama yang telah dilakukan. Hal tersebut untuk mengindentifikasi permasalahan serta mengoptimalkan sistem pendidikan dan penelitian antara institusi pendidikan dengan institusi pelayanan.

Terkait bidang pendidikan Dr. dr. Sudadi Sp.An., KNA., KAR selaku Wakil Dekan Bidang Kerja sama, Alumni, dan Pengabdian Masyarakat FK-KMK UGM menyampaikan ada kebijakan yang diberikan NIDK adalah yang subspesialis, yang belum subspesialis akan diurus untuk mendapatkan NUP.  Riani Witaningrum, S.Gz., M.Sc., Dietisien sebagai perwakilan Departemen Gizi FK-KMK UGM menjelaskan pengiriman peserta didik prodi Gizi di RSUD Banyumas. Kendalanya jarak rumah sakit RSUD Banyumas relatif jauh sehingga mahasiswa lebih memilih rumah sakit praktik yang terdekat. Rencananya jika ada peluang membuka kembali mahasiswa praktik Gizi di RSUD Banyumas akan dibuat sistem praktik selama 5 minggu (2 minggu penyelenggaraan makanan dan 3 minggu proses asuhan gizi klinik). Pengiriman peserta didik prodi keperawatan sampai saat ini masih berjalan di RSUD Banyumas. Prodi Magister Keperawatan akan membuka spesialis onkologi tahun depan, hal tersebut dapat membuka peluang pengiriman residen ke RSUD Banyumas.

Perwakilan AHS UGM, dr.Haryo Bismantara, MPH menambahkan terkait bidang penelitian, Harapannya bisa eksplorasi lebih dalam pada 4 tema priorits AHS. Salah satu tema prioritas AHS adalah Tanggap Bencana Darurat Kesehatan, harapannya dari RSUD bisa mengirimkan instruktur pelatihan yang akan melatih tenaga non medis atau petugas di daerah wisata untuk mendukung tema lainnya yaitu pariwisata kesehatan.

Kunjungan pada rumah sakit jejaring AHS merupakan komitmen dalam mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan yaitu pada tujuan ke-4 Pendidikan Berkualitas. Hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaan kunjungan membahas kerja sama terkait pendidikan yaitu pengiriman peserta didik di RSUD Banyumas. Pelaksanaan visitasi ini melibatkan banyak pihak sehingga selaras dengan tujuan SDG poin ke-17 yaitu Kemitraan Mencapai Tujuan. (Penulis: Resha Ayu)