Penelitian COHARD-PH pada The 7th World Symposium on Pulmonary Hypertension di Barcelona, Spanyol

FK-KMK UGM. Peneliti dari register COHARD-PH, Prof. Lucia Kris Dinarti, dr. Anggoro Budi Hartopo, dan dr. Dyah Wulan Anggrahini, telah mempresentasikan lima poster hasil penelitian dari register COngenital HeARt Disease and Pulmonary Hypertension (COHARD-PH) pada ajang konferensi dunia lima tahunan, 7th World Symposium on Pulmonary Hypertension yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol, pada tanggal 29 Juni hingga 1 Juli 2024.

Kelima hasil penelitian ini mencerminkan kontribusi signifikan dari register COHARD-PH, yang telah berperan penting dalam menghasilkan publikasi internasional yang diakui dalam bidang hipertensi paru, serta telah dikutip oleh para ahli dan dimasukkan dalam pedoman internasional mengenai hipertensi paru. Register COHARD-PH merupakan register pertama dan terbesar di Indonesia yang telah berhasil mengumpulkan data dari lebih dari 1500 pasien dengan penyakit hipertensi paru.

Partisipasi reguler dalam World Symposium on Pulmonary Hypertension menunjukkan komitmen peneliti COHARD-PH untuk terus menyumbangkan pengetahuan baru dalam penanganan penyakit ini, sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya dalam kesehatan dan kesejahteraan (SDG 3). SDGs terkait lainnya adalah nomor 4 terkait Pendidikan Berkualitas dan nomor 17 tentang Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (Kontributor dan Foto: Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular, Editor: Humas FK-KMK. Artikel ini telah diunggah di Website Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular).