FK-KMK UGM Kurban Sapi dan Kambing di Iduladha 2024

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan kurban di lingkungan KPTU FK-KMK UGM pada Rabu (19/06). Penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan selama dua hari di FK-KMK UGM dan di Imogiri. Adapun jumlah hewan kurban pada Iduladha 1445 Hijriah ini sebanyak 3 sapi dan 1 kambing.

Dekan FK-KMK UGM, Prof. dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh shohibul qurban atas partisipasinya dalam kegiatan kurban di FK-KMK UGM. Beliau juga mengharapkan kegaiatn ini dimaknai untuk saling berbagi kepada sesama.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan penyembelihan hewan kurban di kampus ini, harapan kami makna saling berbagi dan memberi di hari raya iduladha dapat lebih dirasakan oleh kita bersama,” ujar Prof. Yodi.

Berbeda dengan penyembelihan hewan kurban tahun lalu yang terpusat di satu tempat. Di tahun 2024 ini, penyembelihannya di dua tempat berbeda. Di FK-KMK UGM, proses panitia kurban dilaksanakan dengan melibatkan tim pengabdian kepada masyarakat, tim HPU (Health Promoting University) FK-KMK, serta mahasiswa Keluarga Muslim Cendikia Medika (KaLAM) FK-KMK.

Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes selaku panitia kurban menyampaikan bahwa penyaluran daging kurban nantinya dialokasikan untuk warga yang ada di Rusunawa UGM, serta sivitas akademika FK-KMK UGM yang memenuhi persyaratan. Sedangkan pada penyembelihan di Imogiri, penyaluran daging kurban untuk 400 warga difabel umum dan difabel jiwa.

“Di Imogiri, FK-KMK UGM berkolaborasi dengan Yayasan Lentera Harmoni Jiwa serta Sapa Difa Imogiri. Keduanya fokus dalam pendampingan difabel jiwa serta difabel umum yang ada di Imogiri,” terang Dr. Supriyati

Pembagian daging kurban ke masyarakat ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya SDGs poin 2 Tanpa Kelaparan. Karena penyaluran hewan kurban menjadi agenda tahunan yang dilakukan oleh FK-KMK UGM.

Sementara ini, Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Dr. dr. Sudadi Sp.An., KNA., KAR, mewakili FK-KMK UGM dalam prosesi serah terima hewan kurban di Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri. “Agenda ini merupakan bentuk kolaborasi dari FK-KMK UGM dengan seluruh instansi di Imogiri yang meliputi puskesmas, yayasan, serta pemerintahan di Kabupaten Bantul. Harapannya ke depannya kita bisa bekerjasama di pengabdian dalam bidang lainnya.”

Kolaborasi yang dilakukan oleh FK-KMK UGM dalam rangka penyembelihan hewan kurban serta pembagian sembako selaras dengan SDGs 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, hal ini dikarenakan FK-KMK menggandeng puskesmas dan komunitas dalam pelaksanaan dan pembagian hewan kurban.

Panitia maupun warga yang mendapatkan hewan kurban merupakan warga difabel umum dan difabel jiwa. Bahkan dalam pelaksanaan kegiatan ini FK-KMK UGM melibatkan Yayasan Lentera Harmoni Jiwa serta Sapa Difa Imogiri. Kolaborasi ini selaras dengan SDGs 10 Berkurangnya Kesenjangan. FK-KMK UGM memberdayakan inklusi sosial di masyarakat.

Tidak hanya penyembelihan hewan kurban dan penyaluran sembako. Di Gedung serba guna Puskesmas Imogiri 2 juga diadakan pemeriksaan oleh Posbindu “Sehati” FK-KMK UGM. Pelayanan pengecekan kesehatan ini menjadi kegiatan rutin berbarengan dengan penyembelihan hewan kurban di luar kampus. Tentu saja, kegiatan ini merupakan bagian dari SDGs 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera. (Humas/Sitam).

Berita Terbaru