Diskusi Tanggung Jawab Fasilitas Pendidikan Residen

FK-KMK. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Menyelenggarakan diskusi online dengan mengusung topik “Fasilitas Pendidikan Residen: Apa yang Memadai dan Siapa yang Bertanggungjawab?” secara daring melalui Zoom dan kanal YouTube PKMK FK-KMK UGM, Kamis (25/3).

Webinar yang berlangsung hampir 2 jam ini dipandu oleh moderator Dr. dr. Darwito, SH., Sp.B (K), Onk, dan menghadirkan dua narasumber sesuai pakar dibidangnya yakni dr. Djoni Darmadjaja, Sp.B., MARS., FINACS., FICS., selaku Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan dr. Widyandana, MHPE., Ph.D., Sp.M (K)., selaku Ketua Program Studi S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan FK-KMK UGM.

Djoni Darmadjaja, Sp.B., MARS., FINACS., FICS., menyebutkan terdapat tiga pihak yang mengayomi residen yakni KPS dan Departemen Fakultas Kedokteran dari Universitas, DPJP dan Komkordik dari Rumah Sakit, dan Kolegium Tim Kurikulum dan Tim Penguji dari Organisasi Profesi.

Djoni juga menambahkan pemenuhan fasilitas residen sudah diatur dalam standar IPKP 3. “Variasi dan jumlah pasien harus selaras dengan kebutuhan untuk program dan jumlah peserta pendidikan klinis di rumah sakit harus memperhatikan jumlah staff pendidik klinis serta ketersediaan sarana dan prasana” terangnya.

dr. Widyandana, MHPE., Ph.D., Sp.M (K)., menceritakan alur penerimaan residen di Indonesia. Pertama residen diterima masuk ke fakultas kedokteran, kemudian belajarnya di rumah sakit pendidikan utama dan didukung dengan rumah sakit jejaring. “Sehingga ada keterkaitan yang kuat antara university dan teaching hospital” ungkapnya.

dr. Widyandana menambahkan komponen pendidikan klinik diantaranya dokumen akademik, supervisor/konsulen, pasien, residen dan lingkungan pembelajaran. “Jadi, jika kita membahas terkait fasilitas. Maka hanya aspek kecil dari bagian komponen pendidikan klinik” jelasnya.

Diskusi semakin interaktif dengan menghadirkan dua pembahas yaitu Prof. Dr. dr. Aldy Safruddin Rambe, Sp.S(K)., selaku Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara dan drg. Rini Sunaring Putri, M.Kes., selaku Direktur Umum Operasional (2018-2020) RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta. (Arif AR/Reporter)

Webinar selengkapnya di: https://ugm.id/youtubeFKKMK

Berita Terbaru