Konsep dan Langkah Praktis Manajemen Pelayanan Kesehatan

FK-KMK UGM. Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan Bedah Buku #2 tahap pertama dengan judul “Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan, Konsep dan Langkah Praktis” pada Rabu (14/10) pukul 15.30-17.00 WIB. Kegiatan yang digelar secara live dari Studio HPM IKM UGM ini menghadirkan penulis utama buku yang juga merupakan dosen dan peneliti di Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Dr. Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARS.

Kegiatan Bedah Buku #2 yang dimoderatori oleh Dr. dr. Andreasta Meliala, DPH., M.Kes., MAS., ini juga dihadiri oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, Msc., Ph.D., Ketua Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM. “Kami berusaha mencari buku-buku yang cocok dengan Kebijakan dan Manajemen Kesehatan dari berbagai sumber. Hari ini kita akan membahas buku yang menarik sekali, mengenai aspek strategis dalam konteks sektor kesehatan maupun lembaga di sektor kesehatan. Buku ini juga sesuai dengan perkuliahan mahasiswa S2 UGM dalam mata kuliah manajemen strategis yang masuk dalam semester ini”, ungkap Prof. Laksono saat membuka kegiatan.

Menurut Dumilah, buku ini disusun sebagai upaya untuk menyederhanakan hal-hal yang kompleks. Buku Manajemen Strategis Organisasi Pelayanan Kesehatan, Konsep dan Langkah Praktis merupakan buku praktis yang di dalamnya terdapat banyak sekali tools yang dapat dimanfaatkan dan dapat dipraktikkan di tempat kerja.

“Cover buku ini adalah sebuah harapan dan semangat yang menginginkan buku ini mudah-mudahan sekecil apapun nanti bisa menyinari kegelapan dan menuntun menuju cerahnya pelayanan kesehatan. Mengapa demikian? Buku ini ditulis dengan kesadaran bersama tentang pentingnya perencanaan. Manajemen strategis menjadi sesuatu yang penting, bukan pada konteks formalnya tetapi karena nilai-nilai dalam sebuah perencanaan adalah sebuah nilai yang menjadi harapan kita untuk membuat hari esok lebih baik dari hari ini dan hari ini lebih baik dari hari kemarin”, jelas Dumilah.

“Buku ini menjadi satu bagian dari gambar besar manajemen strategis organisasi pelayanan kesehatan rumah sakit yang sangat kompleks. Harapannya dengan membaca buku ini, pembaca dapat terdorong untuk mengeksplor lebih jauh dengan mencari sumber-sumber yang lain. Dalam situasi sekarang yang penuh ketidakpastian ini, informasi dan pengetahuan adalah dua hal yang harus dikombinasikan agar dapat kita dapat survive”, pungkas, dr. Andreasta Meliala, moderator kegiatan. (Vania Elysia/Reporter)

Berita Terbaru