Kompetensi Promosi Kesehatan: Tantangan di Lapangan dan Peluang Mewujudkannya

FK-KMK UGM. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM bersama dengan Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial FK-KMK UGM bekerjasama dengan Perkumpulan Promotor & Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Wilayah DIY menggelar seminar dengan tema “Kompetensi Promosi Kesehatan: Tantangan di Lapangan dan Peluang Mewujudkannya” secara daring pada Rabu (30/9).

Promosi kesehatan merupakan profesi dilini depan tindakan pencegahan dan peningkatan kesehatan masyarakat terutama pada kondisi pandemi COVID-19. Pastinya dalam melaksanakan segala macam kegiatan tersebut terdapat kompetensi yang harus dimiliki promotor kesehatan.

“Kompetensi promosi kesehatan memang harus ditingkatkan dan diperoleh bagi mereka yang akan bekerja di bidang promosi kesehatan. Kami akan bergandeng tangan dimasa mendatang untuk memberikan kesempatan bagi tenaga promosi kesehatan dengan menyelenggarakan beberapa pelatihan dan webinar, karena profesi promosi kesehatan memiliki kewajiban-kewajiban tertentu”, ungkap Sekretaris Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial FK-KMK UGM sekaligus Ketua PPPKMI Wilayah DIY, Prof. Dra. Raden Ajeng Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D., saat membuka kegiatan.

Seminar yang dimoderatori oleh Fitrina M.K., SKM., MPH kali ini menghadirkan narasumber dr. Riskiyana S. Putra, M.Kes., Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI dengan topik “Tantangan Promosi Kesehatan di Era Revolusi Industri 4.0 & Pandemi COVID-19: Kebutuhan Masyarakat dan Kompetensi SDM Promotor Kesehatan”. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa, “Kedepannya kita akan menghadapi gelombang perubahan yang demikian fluktuatif dan dinamis sekali sehingga kemampuan-kemampuan baik kompetensi teknis, kompetensi manajerial, maupun kompetensi sosial kultural sangat diperlukan untuk menghadapi perubahan-perubahan yang akan terjadi”, jelasnya.

Tak hanya itu, seminar kali ini juga menghadirkan narasumber Dr. Dra. Rita Damayanti, MSPH., Ketua Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia dengan topik “Standar Profesi Promotor Kesehatan”; dan Dr. Supriyati, S.Sos., M.Kes., Dosen Promosi Kesehatan S2 IKM FK-KMK UGM dengan topik “Peran Perguruan Tinggi dan Lembaga Profesi dalam Promosi Kesehatan”.

Seminar ini digelar untuk memaparkan perkembangan terkini tentang kompetensi promosi kesehatan dan kebutuhannya, mendiskusikan tantangan implementasi Standar Profesi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, serta mendorong diskusi kritis mengenai peluang dan tantangan dalam implementasi Standar Profesi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. (Vania Elysia/ Reporter)

Berita Terbaru