Forum Nasional Filantropi Kesehatan Gelar Presentasi Makalah Bebas

FK-KMK UGM. Pusat Kebijakan dan Manajemen  Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) telah sukses menyelenggarakan Seminar Online Forum Nasional I Filantropi Kesehatan dengan tema “Menggali Berbagai Dana Kemanusiaan untuk Pembangunan Kesehatan di Indonesia” pada 21 – 22 Juli 2020 lalu melalui platform Webinar dan Live Streaming YouTube.

Masih dalam rangkaian Forum Nasional I Filantropi Kesehatan tersebut, PKMK FK-KMK juga menggelar Presentasi Makalah Bebas Filantropi Kesehatan yang terbagi ke dalam empat hari pelaksanaan, yaitu pada Senin (27/07) sampai dengan Kamis (30/07) pukul 09.00-11.00 WIB melalui platform Zoom dan Live Streaming YouTube.

Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat FK-KMK UGM, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D., saat membuka kegiatan mengungkapkan bahwa Forum Nasional I Filantropi Kesehatan dapat dikatakan sebagai kegiatan ‘historis’, karena baru pertama kali diadakan forum nasional yang melibatkan ratusan orang dan puluhan pembicara dari nasional dan internasional. Dalam rangkaian kegiatannya juga terdapat Presentasi Makalah Bebas Filantropi Kesehatan yang membahas 13 makalah hasil-hasil penelitian ataupun pendapat dari para pemberi makalah bebas. “Kami berharap tahun depan akan lebih banyak lagi yang menyusun atau menulis penelitian mengenai filantropi di sektor kesehatan”, ungkapnya.

Walaupun filantropi telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu, hal ini merupakan awal dari suatu progress yang panjang. “Pertemuan Forum Nasional I Filantropi Kesehatan sebagai modal awal untuk maju dan berkembang lebih lanjut lagi”, tegas Prof. Laksono.

Prof. Laksono juga mengungkapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi pada penulis makalah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya. Harapannya, tidak hanya berhenti pada presentasi saja. PKMK FK-KMK UGM akan mendorong teman-teman untuk menuliskan dalam jurnal atau policy brief sehingga akan ada dokumentasi yang lebih baik lagi untuk masuk dalam penyimpanan dalam website. Dengan demikian apabila ada yang membutuhkan paper/atau masukan kebijakan dari Forum Nasional akan dapat melihat ke website dan memilih dokumen yang sesuai.

Presentasi Makalah Bebas Filantropi Kesehatan hari pertama kali ini mengangkat tema “Past, Present, and Future of Indonesian Health Philanthropy” dan menghadirkan tiga presenter dengan topik yang beragam. Presentasi pertama disampaikan oleh Wahyu Suri Yani, Fakultas Ilmu Budaya UGM, dengan judul “Filantropi Minangkabau Mendirikan Rumah Sakit dalam Menghadapi Wabah Penyakit di Sumatra Westkust (1900-1942)”. Selanjutnya, Wina Nur Sofiah, Diferensia Foundation, dengan judul “Dapur Kulintang Sebagai Alternatif Program Penanganan Masalah Gizi Anak”. Kemudian Chusniyah Ernawati, Yayasan Cita Sehat, dengan judul “Manfaat Dana Kemanusiaan Untuk Manajemen Pembiayaan Pasien Kurang Mampu di 7 Klinik CSF”.

Kegiatan yang dimoderatori oleh dr. Jodi Visnu, MPH., peneliti filantropi PKMK FK-KMK UGM ini digelar terbuka untuk umum secara gratis sebagai forum pertukaran ide, pengalaman, dan rencana para pelaku filantropi kesehatan di Indonesia. Rangkaian kegiatan dilakukan secara daring sehingga dilaksanakan dan terekam dengan baik, serta juga dapat menjagkau peserta dari luar daerah. (Vania Elysia/ Reporter)

Berita Terbaru