Pengembangan Website Menara Ilmu, Penuhi Kebutuhan Knowledge Workers

FK-KMK UGM. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM  bekerjasama dengan Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM menyelenggarakan webinar serial ke-14 Knowledge Management dengan topik “Strategi Pengembangan Web www.manajemencovid.net untuk Memenuhi Kebutuhan Knowledge Workers” pada Senin (06/07) lalu pukul 13.00 – 14.15 WIB melalui platform Zoom dan Live Streaming YouTube.

Dalam pandemi Covid-19, knowledge yang perlu dikelola cukup banyak, cepat, dan sangat dinamis, sehingga perlu adanya strategi agar knowledge dapat diolah dan disintesis oleh Knowledge Workers, agar dapat di akses oleh banyak pihak, termasuk oleh klinisi maupun manajer di organisasi kesehatan. Hal itulah yang dijelaskan moderator webinar, dr. Guardian Yoki Sanjaya, MHlthInfo., saat membuka kegiatan.

Webinar kali ini menghadirkan narasumber Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D., FK-KMK UGM dan pembahas Agus Fanar Syukri, Ph.D., peneliti senior Pusat Penelitian Kebijakan & Manajemen IPTEK & Inovasi (P2KMI) – LIPI, yang membahas strategi pengembangan sebuah web menara ilmu FK-KMK UGM untuk memenuhi kebutuhan Knowledge Workers tentang Covid-19. “Strategi pengembangan ini dipaparkan untuk memperoleh masukan para Knowledge Workers mengenai pengembangan berikutnya, termasuk bagaimana agar ‘Knowledge Workers fasilitator’ dapat memanfaatkannya”, ujar Prof. Laksono ketika memaparkan materinya.

Untuk meningkatkan efektivitas lembaga dalam mencegah pandemi Covid-19 selama empat bulan terakhir, Forum Manajemen Covid-19 telah menyelenggarakan banyak pembahasan berdasarkan pengetahuan terbatas. “Sejak awal pandemi Covid-19, kami mengembangkan Program Menara Ilmu FK-KMK UGM, dimana ilmu atau pengetahuan diseminasikan/disebarkan secara gratis ke seluruh penjuru nusantara”, ungkapnya.

Forum Manajemen Covid-19 juga memiliki platform web www.manajemencovid.net dan dibentuk untuk memperkuat dan mendukung teman-teman tenaga kesehatan untuk menghadapi Covid-19, serta memperkuat sistem kesehatan untuk menghadapi peningkatan wabah Covid-19. Forum ini membahas pengalaman para klinisi (dokter dan perawat, serta tenaga kesehatan lainnya) dan manajemen klinis mengelola pasien Covid-19. Juga melalukan review jurnal artikel secara berkala serta membahas kesiapan rumah sakit untuk menangani pasien.

Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan sistem kesehatan Indonesia untuk menangani pasien Covid-19, mulai dari peningkatan pengetahuan, sampai ke penerapan pengetahuan untuk mencegah wabah meluas, salah satunya melalui produk dan pelayanan web. Produk web saat ini yaitu menyebarluaskan pengetahuan yang berguna tentang Covid-19 untuk para pembaca dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan. Pelayanan web ini didukung oleh pengembangan Knowledge Management.

“Mengikuti perkembangan platform digital, kami mencoba mengembangkan sebuah web yang digunakan oleh berbagai lembaga. Juga mengembangkan webinar/Knowledge Management yang sifatnya ber-seri. Target pengguna web ini adalah berbagai lembaga yang menerapkan Knowledge Management, jaringan rumah sakit dan asosiasi, serta kementerian kesehatan/ dinas kesehatan”, ungkap Prof. Laksono. (Vania Elysia/Reporter)

Berita Terbaru