FK-KMK UGM Menggelar Pemeriksaan dan Operasi Mata Gratis

FK-KMK UGM. Dalam rangka Dies Natalis ke-73, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggelar kegiatan pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan dan operasi mata gratis. Dipimpin oleh dr. Supanji, Sp.M., M.Kes. PhD kegiatan tersebut dilaksanakan di Kecamatan Gedangsari, Kab. Gunungkidul, Sabtu (16/2).

Kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan mata, tepatnya dilakukan di Dukuh Pace A, Desa Hargomulyo dapat terlaksana atas kerjasama yang baik antara tim pengabdian masyarakat FK-KMK UGM bersama dengan Karang Taruna  Dusun Pace A (Kartasuppa).

Pada kegiatan ini, tercatat 200 orang melakukan pemeriksaan mata. Simultan dengan acara tersebut, dilaksanakan pula operasi mata gratis yang bertempat di Puskesmas Gedangsari. Tercatat sebanyak 60 pasien dilakukan operasi, selanjutnya 10 pasien rujukan dari Dukuh Pace A, Hargomulyo diantar langsung oleh panitia menuju Puskesmas Gedangsari untuk segera dilakukan operasi.

Dalam kegiatan ini, masyarakat menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah peserta, bahkan sebagian diantaranya berasal dari wilayah Kabupaten Sukoharjo, Jawa-Tengah. Selanjutnya, acara pengabdian masyarakat seperti ini sangat berpotensi untuk terus dilaksanakan secara berkala. Tak lupa keberhasilan acara ini juga didukung oleh berbagai pihak meliputi Bupati Gunung Kidul, Dinas Sosial Gunung Kidul, Camat Gedangsari, Pendamping PKH, serta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). (Alfi/Reporter; Foto: dok.panitia)

Berita Terbaru