Pendekatan Multidisiplin Penting dalam Penatalaksanaan Pasien

FKKMK-UGM. Kejadian tumor saluran pencernaan, terutama kanker kolorektal, semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kanker kolorektal merupakan kanker terbanyak kedua pada pria dan terbanyak ketiga pada wanita di Indonesia, dan cenderung meningkat pada kelompok usia muda.

Perkembangan ilmu pengetahuan begitu pesat di era personalized medicine. Dalam hal ini pendekatan multi disiplin dalam penanganan tumor saluran pencernaan menjadi keharusan. Pendekatan multi disiplin memungkinkan peran dokter ahli patologi anatomik sangat penting. Diagnosis patologi sampai ke diagnosis molekuler sangat diperlukan sebagai dasar penentuan terapi bagi pasien. Oleh karena itu, seorang dokter ahli patologi anatomik dituntut untuk mempunyai pengetahuan dan ketrampilan mulai dari aspek morfologi, molekuler, hingga menejemen klinik.

Tahun ini, Yogyakarta menjadi tuan rumah Pertemuan Ilmiah Regional (PIR) IAPI Joglosemar-Purwokerto 2018 Sabtu (5/5) di hotel Ambarrukmo Yogyakarta. Tema Gastrointestinal Pathology and Recent Updates on Neuroendocrine Tumors: from Morphology to Clinical Management in Personalized Medicine Era menjadi topik utama pembahasan forum ini. Melalui tema ini, forum PIR 2018 mulai membahas dengan tuntas patologi saluran cerna, mulai dari aspek morfologi, molekuler, hingga manajemen klinik pasien-pasien dengan tumor di saluran cerna, terutama tumor neuroendokrin.

PIR IAPI Joglosemar-Purwokerto merupakan kegiatan ilmiah tahunan yang diselenggarakan secara bergiliran oleh IAPI Cabang Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Purwokerto, yang bertujuan untuk terus meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang patologi anatomik. Forum yang diketuai oleh staf Departemen Patologi Anatomi FKKMK UGM, dr. Hanggoro Tri Rinonce, Sp.PA, Ph.D, ini dihadiri oleh dokter spesialis patologi anatomik, peserta didik PPDS I Patologi Anatomik, serta dokter umum, dokter spesialis di bidang lain, peneliti, dan mahasiswa.

Para pembicara yang terdiri dari ahli bedah digestif, penyakit dalam, hematologi dan onkologi medik, serta patologi anatomik mempresentasikan perkembangan terkini patologi saluran cerna dari sudut pandang masing-masing bidang ilmu pada sesi seminar. Untuk semakin memperkaya ilmu, diselenggarakan juga workshop khusus dengan pembicara Anthony Chan dari Chinese University of Hong Kong.

Selain itu, forum ini juga mengadakan sesi presentasi poster agar para peserta dapat berdiskusi dan bertukar pengetahuan satu sama lain. Penyelenggaraan PIR 2018 bersamaan dengan pelaksanaan seminar nasional Ikatan Teknisi Patologi Anatomi Indonesia (ITPAI). (Dikutip dari berbagai sumber; Wiwin/IRO; Foto/dok.panitia)

Berita Terbaru