Alumni Berbagi Menjadi Sarana Penggambaran Karir Bagi Mahasiswa

FKKMK-UGM. Masih banyak lulusan mahasiswa Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM (FKKMK UGM) yang berorientasi pada jenjang spesialis atau memilih bekerja di jalur klinik. Padahal instansi-instansi seperti TNI, Polri, maupun jalur birokrasi juga membutuhkan lulusan yang kompeten dibidang kesehatan. Lulusan mahasiswa FKKMK UGM berpotensi besar untuk bekerja pada instansi tersebut. Melalui jalur birokrasi maupun pemerintahan, para alumni FKKMK UGM dapat membuat dan mengatur kebijakan mengenai kesehatan sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajari selama ini. Minggu, 06 Mei 2018, FKKMK UGM menyelenggarakan kegiatan Alumni Berbagi sebagai bentuk dukungan fakultas terhadap jenjang karir para alumni FKKMK UGM.

Alumni Berbagi kali ini bertemakan “Gambaran Karir di Bidang Kedinasan dan TNI/Polri”. Oleh karena itu, banyak pembicara yang didatangkan dari kalangan pemerintah, TNI, Polri, serta BPJS. Berbagai alumi menginspirasi turut diundang sebagai pembicara, seperti: dr Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, Mayjen TNI Dr. Terawan A P, dr. Sp.Rad (K), dr. Aris Jatmiko, MM., AAK, dr. Astrid Anindita, MM, AKP. Muhtar Effendi, M.Psi, dsb. Meski tidak selengkap topik Alumni Berbagi sebelumnya, namun Alumni Berbagi kali mampu menyedot antusias sebanyak 350 peserta.

Alumni Berbagi selalu dihadiri oleh para alumni FKKMK UGM yang menginspirasi. Melalui alumni berbagi, para alumni FKKMK UGM dapat kembali menyapa fakultasnya dulu, sembari membagikan pengalamannya kepada para mahasiswa dan alumni muda. Berbagai kesempatan langka juga didapatkan dalam kesempatan tersebut. Kesempatan bertemu dengan banyak alumni dengan berbagai rekor dan prestasi.

Alumni Berbagi kali ini diawali dengan coffee break, lalu sambutan dari ketua panitia dr. Nur Arfian, Ph.D, Ketua Kagamadok Dr. dr. Sugiri Syarief, MPA, Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Alumni dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K).,Ph.D, dan dilanjutkan pembukaan dengan pemukulan gong oleh dr. Mei Neni. Pada sambutannya, dr Mei Neni menyampaikan, “kepada adik-adik semua, semoga acara ini dapat menginspirasi dan setelah lulus nanti jangan lupa terhadap almamater, siapa tahu menjadi pembicara seperti Bapak/Ibu di depan ini”. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh alumni yang mau berbagi pengalamannya dalam kesempatan kali ini.

Alumni Berbagi kali ini terdiri dari 2 sesi, yakni sesi pleno dan sesi talkshow. Pada sesi pleno, para peserta diajak mendengarkan paparan gambaran karir bersama-sama di Ruang Auditorium. Sementara pada sesi talkshow, para peserta diperkenankan untuk memilih 4 ruang diskusi sesuai dengan topiknya masing-masing yang paling diminati. Terdapat 4 topik yang dapat dipilih peserta, diantaranya: keperawatan, gizi kesehatan, pemerintahan, dan kemiliteran. Di akhir sesi, peserta juga diberi materi mengenai cara menghadapi tes wawancara serta tips-tips untuk diterima suatu perusahaan oleh pembicara dari psikolog ECC UGM.

Alumni Berbagi ini merupakan kegiatan kedua yang diselenggarakan oleh Alumni FKKMK UGM. Kegiatan sebelumnya diadakan pada 14 Oktober 2017 lalu dengan mengundang 74 pembicara yang berasal dari berbagai bidang pekerjaan, seperti : peneliti, TNI, Polri, entrepreneur, pemerintah, direktur rumah sakit, dan lain sebagainya. Alumni Berbagi yang pertama tersebut juga mendapatkan antusiasme yang tinggi dari peserta. Hal tersebut juga menjadi salah satu pendorong dilaksanakannya Alumni Berbagi yang kedua dan ketiga. Alumni Berbagi yang ketiga direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Okober dengan tema Docterpreneurship. (Rasyid/Reporter)

Berita Terbaru