Health Promoting Campus, Sebagai Proses Pembudayaan

FKKMK-UGM. Penyakit Tidak Menular (PTM) di Indonesia semakin meningkat. Perubahan pola makan dan gaya hidup masyarakat Indonesia berpengaruh terhadap perkembangan PTM di kalangan masyarakat. PTM bisa menyerang berbagai lapisan masyarakat termasuk kalangan mahasiswa, tenaga pendidik maupun staf.

Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM sebagai salah satu pemangku kepentingan dalam jejaring Academic Health System (AHS), berupaya untuk senantiasa memperkuat semangat AHS. Terutama terkait pengembangan penelitian translasional, yakni penelitian yang mampu diimplementasikan untuk kepentingan masyarakat.

Sejatinya, sejak tahun 2015, roadmap penelitian FKKMK UGM sudah menetapkan healthy life sebagai salah satu tema penelitian. Harapannya, pada tahun 2018 ini hasil penelitian tersebut sudah mampu menunjukkan manfaatnya untuk kehidupan masyarakat secara luas.

Healthy life tentu tidak hanya menjadi slogan, jargon ataupun tema penelitian FKKMK UGM. Justru dengan adanya peringatan Dies ke-72 ini, diharapkan mampu menjadi sarana bagi FKKMK UGM untuk mencanangkan kembali niat bersama dalam mewujudkan lingkungan fisik dan mental secara komprehensif. Kini, FKKMK UGM ingin mulai membiasakan civitas akademika agar lebih dekat dengan hidup sehat.

Beberapa waktu lalu, FKKMK UGM sudah menjadi pelopor kampus bebas rokok. Sudah saatnya, institusi ini kembali menginisiasi terbentuknya health promoting campus yang akan berimbas kepada budaya harian seluruh fakultas di UGM, untuk mewujudkan health promoting university.

Pengolahan makanan, kebersihan diri dan lingkungan, go green, hemat energi, ketersediaan area olah raga hingga pedisiplinan diri dan pembenahan sistem menjadi langkah pertama sebagai upaya mengubah paradigma hidup sehat. Harapannya, lulusan FKKMK UGM, sebagai calon tenaga profesional yang kelak akan terjun langsung di masyarakat, mampu menjadi agen perubahan untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat di masyarakat secara komprehensif.

Peringatan Dies ke-72 FKKMK UGM juga menghadirkan Executive Director of AUN-HPN (Asian University Network – Health Promotion Network), Dr Wiwat Rojanapithayakorn yang memberikan orasi ilmiah bertema: Health Promoting University. Dirgahayu FKKMK UGM ke-72, Viva Medika. (Wiwin/IRO; Foto/Dian)

Lihat Video Dies ke-72, FKKMK UGM

Berita Terbaru